Komisioner KI Sumbar Resmi Launching Buku ‘Vonis Sengketa Informasi Publik’

Padang – Resmi di-launching buku karya Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, Adrian Tuswandi, dan disusun bersama Kiki Eko Saputra yang berjudul ‘Vonis Sengketa Informasi Publik’ pada Rabu 26 Januari 2020 sore di Kupi Batigo, Padang.

Komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, Adrian Tuswandi mengatakan pembuatan buku melalui proses yang panjang hingga bisa diterima berbagai pihak.

“Proses melahirkan buku ini cukup panjang. Begitu banyak sidang sengketa informasi publik diajukan masyarakat, baik secara kelembagaan maupun pribadi terhadap badan publik. Dan sesuai PerKI, ada tahapan proses, mulai dari verifikasi laporan, tahapan mediasi hingga persidangan, dan putusan bila mediasi tak ada titik temu,” ungkap Adrian yang di kalangan jurnalis akrab disapa Toaik.

Menurut Adrian Tuswandi, gagasan penulisan buku ‘Vonis’ ini terinspirasi dari tugasnya selama dua periode menjabat sebagai Komisioner KI Sumbar. Ia ingin membumikan keterbukaan informasi badan publik yang ada di Sumbar, serta sidang-sidang Sengketa Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan di KI Sumbar.

Buku ini adalah kompilasi dari berbagai tupoksi KI dalam memenuhi dan memberikan kepastian hukum pada masyarakat dalam pemenuhan haknya untuk mendapatkan informasi.

Dan bagi badan publik, untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, bersih, akuntabel, efektif dan efisien.

Diakui Toaik, buku ini tak mungkin bisa hadir tanpa dukungan berbagai pihak, termasuk asisten ahli dan staf sekretariat KI Sumbar.