Lezatnya Talua Barendo, Telur Dadar Khas Sumbar

Talua Barendo khas Sumatera Barat. Foto: Internet

Padang – Makanan yang bersal dari Sumatera Barat sangat beragam. Salah satu makan legendaris Sumbar yang wajib untuk dinikmati adalah Talua Barendo.

Talua Barendo merupakan telur dadar khas Sumbar yang berbeda dengan bentuk pada umumnya. Bentuk talua barendo lebih menggiurkan karena terlihat lebih gurih dengan pinggiran berbentuk seperti renda dan tidak lembek.

Saat ini, talua barendo dapat ditemui di warung makan ataupun Restoran Padang. Harganya pun sangat murah, kisaran harga Rp 7.000,- sampai Rp 8.000,-.

Jika belum ada kesempatan untuk membelinya, anda juga bisa membuat talua barendo sendiri di rumah. Cara dan bahan yang digunakan pun juga sangat gampang untuk didapatkan.

Yuk, langsung saja simak gimana sih cara bikin talua barendo khas Sumbar yang menggugah selera ini?

1. Siapkan Bahan

Untuk menghasilkan talua barendo yang krispi kita membutuhkan telur ayam dan telur itik agar warna dan rasanya lebih mantap, tidak hanya itu kita juga harus menyiapkan bahan pelengkap seperti daun bawang, daun seledri, dan irisan cabe. Semua bahan pelengkap dicincang halus dan diaduk bersama dengan telur sampai menyatu dengan rata.

2. Tambahkan Tepung

Untuk menciptakan rendo yang keritang dan renyah, tambahkan sedikit tepung pada adonan yang telah dicampur tadi.

3. Masak dengan Minyak Panas

Talua barendo harus dimasak dengan minyak yang bayak dan panas. Namun supaya tidak cepat gosong, setelah adonan dimasukan ke wajan, api langsung dikecilkan. Usahakan semua adonan terendam minyak agar menghasilkan rendo yang krispi.

4. Siram dengan Minyak Saat di Wajan

Maksudnya disiram adalah saat di wajan adonan bagian atas harus diseram dengan minyak panas yang ada di wajan, tujuannya adalah agar bisa menghasilkan rendo yang cantik dan renyah pada telur.

Jadi, itulah cara bikin talua barendo khas Sumbar. Jjangan lupa dicoba di rumah ya !