Mahardika Muda: Pesantren Ramadhan Harus Kampanyekan Perlindungan Anak

Padang-Menyambut Bulan Ramadhan, Mahardika Muda mendistribusikan beberapa SDM yang ada keberbagai Masjid di Kota Padang untuk mengisi Pesantren Ramadhan. Pendistribusian SDM Mahardika Muda dilakukan selama dua hari Rabu-Kamis, (20-21/04).

Mahardika Goes To Pesantren Ramadhan mengutus empat pemateri yang terdiri dari Nurul Febriani Direksi Hubungan antar Lembaga, Awal Ikhwani Direksi Ekraf, Adib Modzan Direksi Penelitian dan Pengambangan, serta Intan Putri Riswandi dari Direksi Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan Mahardika Goes To Pesantren Ramadhan mengangkat tema besar tentang perlindungan anak. Kemudian tema dibagi menjadi empat subtema yakni; Perlindungan anak dari dampak perkawinan usia dini, perlindungan anak dari bullying, perlindungan anak dari dampak gadget, dan perlindungan anak dari kekerasan seksual.

Fauzan Akhiyar Direktur Utama Mahardika Muda mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program dari direksi pengabdian masyarakat; Mahardika Muda. Sembari mempersiapkan program Mahardika Mengajar Batch III yang merupakan program utama setiap periodesasi Mahardika Muda. Kita juga menjalankan program-program pendukung yang sesuai dengan prinsip kita di Mahardika Muda yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kegiatan ini dinisiasi oleh kawan-kawan direksi pengabdian masyarakat sebagai program pendukung Mahardika Mengajar Batch III. Dimana kegiatan ini juga dijalankan berdasarkan prinsip utama Mahardika Muda yakni Mencerdaskan kehidupan bangsa,” Ucap Fauzan di Majid Darul Ulum Kamis, (21/04).

Terkait tema yang diangkat, Fauzan menambahkan bahwa program Mahardika Goes To Pesantren Ramadhan ini merupakan respone terhadap kekerasan anak yang belakangan ini kerap terjadi di Kota Padang. Maka dari itu, perlindungan terhadap anak perlu dikampanyekan sebagai bentuk protes dan juga upaya pemberantasan kekerasan terhadap anak.

“Akhir-akhir ini banyak kita dengar kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kota Padang, hal ini yang mengusik hati nurani kami sehingga mengangkat tema perlindungan terhadap anak dalam program Mahardika Goes To Pesantren Ramadhan,” Sampai Fauzan.

Fauzan menegaskan bahwa dengan diangkatnya tema ini, harapannya bisa menjadi pemicu kesadaran terhadap pentingnya perlidungan anak, karena tidak bisa dipungkiri bahwa masa depan anak-anak adalah masa depan bangsa.