Mahasiswa Bung Hatta Gelar Panggung Amal untuk Selat Sunda

persiapan panggung amal untuk korban tsunami Banten dan Lampung, persembahan aktivis masyarakat mahasiswa Universitas Bung Hatta
persiapan panggung amal untuk korban tsunami Banten dan Lampung, persembahan aktivis masyarakat mahasiswa Universitas Bung Hatta

PADANG, KABARSUMBAR-Para aktivis masyarakat mahasiswa di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgawa), Universitas Bung Hatta, Padang menggelar Panggung Amal, Jumat malam (28/12) sebagai bentuk belangsungkawa terhadap korban bencana Tsunami Sela Sunda, menerjang wilayah Banten dan Lampung, (22/12) kemarin. Panggung Amal tersebut digalang secara bersama oleh para aktivis di masing-masing Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), atas inisiasi dari UKM Kesenian Proklamator.

Ketua UKM Dede Syah Putra mengatakan, Panggung Amal ini telah berjalan sejak Kamis lalu (27/12) dan akan terus berlangsung hingga dua pekan ke depan. Bila sudah terkumpulkan, donasi tersebut segera dikirimkan. Aktivis mahasiswa ini pun mengajak masyarakat daerah untuk menggalang dana membantu korban bencana Tsunami yang menerjang wilayah Lampung dan Banten. Korban membutuhkan bantuan, karena banyak sanak keluarga meninggal terseret Tsunami.
“Kami menggelar ini menunjukan rasa simpati terhadap saudara dan saudari kita yang tertimpa bencana dan mari kita turut peduli dengan menggalang dana,” ungkap Dede.

Panggung Amal yang digelar Jumat malam, sambungnya. Merupakan panggung bagi setiap pegiat seni dan aliansi yang ada di Kota Padang. Selain itu katanya, apa yang mereka kerjakan mendapat respon positif oleh masyarakat dan mahasiswa lainnya. Selain menggalang dana lewat panggung musik, para aktivis mahasiswa UBH ini pun menggalang dana di persimpangan lampu merah yang tersebar di setiap sudut kota, serta lingkungan kampus.
“Solidaritas untuk saudara kita di Banten dan Lampung,” kata Dede, mahasiswa FTSP, UBH.

Sementara, sebelumnya Pemprov Sumbar mengirimkan sebanyak 1,4 ton rendang yang dikumpulkan sejak Senin (24/12) lalu diberangkatkan ke Lampung dan Banten melalui jalur darat pada Jumat (28/12) dini hari. Bantuan berupa rendang ini dikumpulkan dari PNS di lingkungan Pemprov Sumbar dan masyarakat umum untuk membantu korban tsunami di Selat Sunda yang melanda wilayah Banten dan Lampung. Dijadwalkan, Sabtu (29/12) atau hari ini, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit akan menyerahkan bantuan tersebut kepada para korban. Keesokan harinya, Minggu (30/12) Wagub Sumbar bersama rombongan akan menyerahkan bantuan kepada para korban Tsunami di Banten.

“Kami koordinasi dengan Pemda setempat untuk mencari wilayah mana yang paling butuh bantuan. Selain itu kami juga koordinasi dengan Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Lampung dan Banten untuk memastikan kondisi para perantau kita,” kata Kabiro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal.

BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...