Mahasiswa PR Ilkom Unand Lakukan Visit Media ke Treat Media Grup

Mahasiswa PR Ilkom Unand Lakukan Visit Media ke Treat Media Grup. Foto: Berliana Agesti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand

Padang – Mahasiswa Public Relations (PR) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Andalas melakukan kunjungan media ke Treat Media Grup pada Rabu (8/12/2021). Kegiatan kunjungan kepada media ini merupakan salah satu agenda rutin dari mahasiswa Public Relations Komunikasi Unand sebagai bentuk implementasi dari salah satu mata kuliah Public Relations.

“Kegiatan kunjungan media ini merupakan salah satu bentuk praktek lapangan dari mata kuliah media relations, karena mahasiswa public relations diharuskan dekat media sehingga dengan adanya kunjungan ke Treat Media Grup ini kami mendapatkan ilmu khusunya dalam menjalin relasi yang baik dengan media.” Ujar Bapak Ilham Havifi selaku dosen pengampu dari Public Relations Ilmu Komunikasi UNAND.

Kunjungan ini tak hanya dilakukan secara langsung, namun bersifat hybrid yang mana ada beberapa mahasiswa yang menyaksikan kegiatan ini melalui virtual zoom. Hal tersebut dikarenakan saat ini masih dalam keadaan pandemi sehingga mengharuskan hanya beberapa mahasiswa saja yang bisa ikut serta untuk datang langsung ke kantor Treat Media Grup

Mahasiswa PR Ilkom Unand Visit Media ke Treat media Group Secara Hybrid. Foto:Berliana Agesti, Mahasiswa Ilkom Unand

Pihak Treat Media Grup menyambut baik kedatangan mahasiswa dari Public Relations Ilmu Komunikasi UNAND ini. Visit media yang dilakukan oleh mahasiswa Public Relations ini tidak hanya sekadar mengunjungi dan melihat-lihat kantor dari Treat Media Grup saja, tetapi mahasiswa Public Relatios juga melakukan bincang-bincang singkat yang dikemas seperti talkshow yang membahas seputar Treat Media Grup.

Mulai dari bagaimana awal terbentuknya Treat Media hingga rencana yang akan dilakukan Treat Media agar lebih dikenal dan dijangkau oleh banyak orang. Kegiatan talkshow ini dilakukan bersama bang Ikhwan selaku Founder Treat Media serta bang Amrul Khalid selaku Co-Founder dari Treat Media.

Kegiatan Visit Media Mahasiswa Ilkom Unand dilakukan seperti Talkshow. Foto: Berliana Agesti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand

“Terbentuknya Treat Media Grup dimulai dari adanya treat radio pada tahun 2014, dimana hal tersebut berawal dari keinginan karena banyak anak-anak muda yang mau dibina untuk belajar seputar radio ini, sehingga terus berlanjut dan karena selalu ada inovasi baru akhirnya saat ini Treat Media Grup mempunyai beberapa media lainnya. Yaitu radio streaming (Treat Radio), TV streaming (Nagari TV), dan portal berita online (Kabar Sumbar).” Terang bang Ikhwan selaku founder dari Treat Media Grup.

Lalu, sebuah perusahaan media tentunya juga wajib mempunyai relasi yang baik dengan pihak eksternalnya, baik itu dengan narasumber setiap acara ataupun denga media atau instansi lain yang akan melakukan kerja sama.

“Untuk Treat Media sendiri terkadang relasi itu terbentuk karena narasumber lah yang mencari treat duluan dengan maksud minta diundang untuk segmen acara tertentu, misalnya suatu usaha dari UMKM. Tapi kalau untuk relasi dengan instansi, tim dari Treat Media lah yang mencari dan mengundang untuk kerja sama.” Ujar bang khalid selaku co-founder Treat Media Grup.

Kegiatan selanjutnya, mahasiswa Public Relations Ilmu Komunikasi UNAND berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung bagaimana dilakukannya produksi dari salah satu segmen di Treat Media Grup yaitu Kabar Sumbar.

Sebagai penutup dari kegiatan visit media ini, mahasiswa juga melakukan tour singkat kantor Treat Media yang dipandu oleh salah satu tim dari Treat Media Grup. Tour singkat ini digunakan untuk memperkenalkan beberapa ruangan tempat produksi segmen acara di Treat Media, serta memperkenalkan beberapa alat-alat produksi yang digunakan Treat Media untuk memproduksi kontennya.

Ditulis oleh: Berliana Agesti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand