Manfaatkan Pekarangan Untuk Greenhouse

Hidriponik_Ilustrasi
Hidriponik_Ilustrasi
Hidriponik_Ilustrasi
Hidriponik_Ilustrasi

PASAMAN, KABARSUMBAR—Inovasi greenhouse tersebut dicontohkan di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) oleh Dinas Pangan, Rabu (6/6/2018).

Greenhouse merupakan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk lahan hidroponik, hal itu dikatakan Bupati Pasaman, Sumbar, Yusuf Lubis saat kunjungan di kantor dinas setempat.

Katanya, ini merupakan satu langkah untuk memotivasi masyarakat daerah untuk memanfaatkan pekarangan, sudah barang tentu demi peningkatan konsumsi sayur dan buah.

“Saya mengajak masyarakat daerah terutama Pasaman bersama-sama berinovasi untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah,” kata Bupati Pasaman Yusuf Lubis.

Mengonsumsi sayuran dan buah dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh, selain sehat juga memberikan kebugaran.

Greenhouse kata Kadis Pangan Yuspi, merupakan pola bercocok tanam mengandalkan air, tanpa menggunakan media tanah. Perlu perawatan rutin serta terjadwal agar tanaman seperti sayur dan buah benar-benar memberikan produksi yang baik.

Beberapa tanaman yang telah berhasil tanam di pekarangan dinas, yakni, salada hijua, seledri, taman kangkung, terung, cabe dan lainnya. Pengelolaan tanam pada lahan 3 x 5 meter dengan jumlah batang sebanyak 400.

“Perawatannya itu bak merawat bayi, sedangkan media tanam tidak perlu luas, apa yang telah dilaksanakan menjadi ide untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah walau itu sempit,” katanya.

Selain Bupati Pasaman, peninjauan lokasi hidroponik, turut serta Ketua Kadin dan Kadis Disporapar.

[namas]