Menkominfo : Sudah 40 Juta Pengguna Daftarkan Kartu Prabayarnya

Ilustrasi kartu prabayar
Ilustrasi.
Ilustrasi kartu prabayar
Ilustrasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut, jika sampai saat ini, sudah 40 juta pengguna telepon seluler yang telah melakukan registrasi ulang kartu prabayarnya.

“Tapi kalau kita lihat sampai hari ini mungkin sudah 40-an juta (yang registrasi), jadi sudah bagus dan kami yakin bahwa ini akan bertambah baik,” kata Menkominfo dilansir Okezone saat menghadiri Siberkreasi di area Car Free Day Jakarta, Minggu (5/11/2017).

Menurut Rudiantara, jumlah ini merupakan progres yang baik. Bertepatan pada kegiatan Siberkreasi itu, Rudiantara mengharapkan ini menjadi momentum untuk meng-counter berita bohong alias hoaks yang saat ini marak tersebar pada media sosial.

“Kami menginginkan ini bukan programnya pemerintah saja, tapi betul-betul jadi satu gerakan bersama untuk meng-address isu konten negatif, isu hoax, isu berita palsu,” ujar Rudiantara.

Siberkreasi merupakan gerakan nasional literasi digital yang merupakan kolaborasi lebih dari 52 lembaga, swasta, komunitas, pegiat literasi digital dan didukung oleh pemerintah.

Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen bersama berbagai pihak untuk meningkatkan literasi digital di masyarakat lewat ajakan untuk berbagi kreativitas lewat konten positif dan memanfaatkan internet secara bijak dan bertanggungjawab.

Rudiantara menuturkan, inisiator Siberkreasi merupakan anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas masyarakat. Selain itu, ada juga organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) ’56 serta unsur kementerian/lembaga dan perguruan tinggi yang terlibat di dalamnya.