Menpora Amali Sebutkan Pemerintah Siap Bersinergi dengan IGORNAS untuk Kemajuan Olahraga Nasional

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sekaligus menjadi Dewan Pembina Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) mengukuhkan pengurus baru periode 2021-2025 i Auditorium Wisma Menpora Senayan Jakarta Pusat, Kamis (10/3). Ia menyebutkan bahwa IGORNAS juga memiliki peran penting untuk mendukung implementasi DBON dan UU Keolahragaan. Untuk itu, Kemenpora siap bersinergi bersama dengan IGORNAS.. Foto: Kemenpora

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sekaligus menjadi Dewan Pembina Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) mengukuhkan pengurus baru periode 2021-2025 i Auditorium Wisma Menpora Senayan Jakarta Pusat, Kamis (10/3). Ia menyebutkan bahwa IGORNAS juga memiliki peran penting untuk mendukung implementasi DBON dan UU Keolahragaan. Untuk itu, Kemenpora siap bersinergi bersama dengan IGORNAS.

“Pada siang hari ini sebagaimana teman-teman saksikan saya sebagai Dewan Pembina Ikatan Guru Olahraga Nasional telah mengukuhkan pengurus di tingkat pusat maupun pengurus di tingkat provinsi. Karena masih pandemi covid tidak bisa datang semua, untuk provinsi diwakili ketua-ketuanya saja,” kata Menpora Amali.

IGORNAS dipandang sangat strategis guna berperan aktif mewujudkan roadmap ekosistem hulu menuju hilir olahraga Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa bahan baku atlet yang terbanyak ada di sekolah-sekolah baik SD, SMP, maupun SMA, dimana disitulah peran guru olahraga sangat dibutuhkan.

“Dan apa yang saya sampaikan tadi bahwa guru-guru olahraga sangat punya peranan penting terhadap kebugaran masyarakat (hulu) dan juga pengembangan prestasi olahraga (hilir) secara nasional,” ucapnya.

“Tanpa kehadiran beliau-beliau, guru-guru olahraga baik dari tingkatan SD, SMP, SMA itu, kita tidak mungkin mencapai tingkatan kebugaran masyarakat yang maksimal. Nah dari masyarakat yang bugarlah kita akan menghasilkan talenta-talenta yang bisa berprestasi di tingkat internasional,” tambahnya.

Sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional yang menjadi ruh dari UU Keolahragaan yang baru saja disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat, maka kehadiran guru-guru olahraga sangat penting untuk implementasi DBON itu sendiri disamping tugas-tugas mereka dalam UU itu sendiri.

Harapan besar disematkan pada IGORNAS guna berperan aktif dimana para guru-guru olahraga di seluruh Indonesia untuk mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional.

“Kami pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat terbuka dan bisa melakukan kerja sama diberbagai hal dan tentu bersinergi. Kita sampaikan IGORNAS rumahnya di Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan tentu kami akan support sepenuhnya IGORNAS,” tutupnya.

Prosesi berlangsung dengan hikmat, selain kata-kata pengukuhan dari Menpora juga diserahkan pataka IGORNAS yang diterima oleh Ketua Umum Dikdik Setia Munardi, yang dalam kepengurusan ditopang oleh Sekretaris Jenderal, M. Taufik, dan Bendahara Umum, Ganjar Ramdani S.