Pekan Nasional Tani Ke-XVI, Kota Solok Tanam Padi Varietas Anak Daro

SOLOK KOTA – Senin 9 Maret 2020, Hamparan Sawah Solok Kelurahan Sinapa Piliang Kota Solok menjadi titik penanaman perdana padi jelang persiapan Panen Raya bulan juni 2020 nanti, dalam rangka Kunjungan Peserta Penas Tani ke-XVI ke Kota Solok.

Penanaman padi varietas Anak Daro tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Wali Kota Reinier bersama Ketua DPRD Kota Solok Yutris can, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat Candra dan juga Forkopimda dan unsur unsur masyarakat yang ada di Kota Solok.

Reinier menyampaikan terimakasih atas kedatangan semua pihak yang telah ikut melaksanakan penanaman padi serentak. Balai-balai penelitian yang ada di Kota Solok juga merupakan suatu berkah yang harus kita manfaatkan secara maksimal.

Saat ini, luas areal pertanian Kota Solok kurang lebih seluas 600 Ha, dan Hamparan Sawah Solok yang ditanami tadi mempunyai luas sekitar 200 Ha.

“Ini semua bentuk komitmen kita Pemerintah Kota Solok, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, bersama masyarakat khususnya petani, untuk terus menjaga agar para petani semakin bergairah kedepannya,” ujar Reinier.

Selanjutnya, diharapkan saat kunjungan panen raya nanti, akan dapat meningkatkan gairah para petani. Varietas Anak Daro Solok saat ini sudah mendapatkan sertifikat nasional dan telah teruji kualitasnya. Salah satu kelebihan varietas anak daro masa waktu panennya juga singkat, sehingga lebih membuat keuntungan kepada para petani di Kota Solok.

Pemerintah Kota Solok juga sedang merencanakan pembangunan embung dan sumur bor. Hal itu disiapkan, agar dapat membantu masyarakat jika mengalami kekurangan air untuk pertanian.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat Candra, menyampaikan terimakasih kepada Pemko Solok yang telah mengajukan diri sebagai salah satu daerah kunjungan saat Penas Tani nanti. “Mohon diwaspadai dari berbagai macam hama agar panen raya nanti akan sukses, dan akan menjadi contoh dan tujuan wisata nantinya,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan hadiah lomba kelompok tani pelaksana Jajar Legowo dan Teknologi Pertanian serta lomba penyuluh inovasi dan penerapan teknologi pertanian Tahun 2019. Untuk Kelompok Tani, Peringkat 1 Sarang Alang dari Kelurahan Laing, Peringkat 2 Harapan Baru dari Kelurahan Tanjung Paku, dan Peringkat 3 Serba Usaha dari Kelurahan Tanah Garam.

Untuk Penyuluh Inovator, Peringkat 1 Desi Armiaty di Kelurahan Laing, Peringkat 2 Erlinas Iswari di Kelurahan Tanjung Paku, serta Peringkat 3 Melda di Kelurahan Tanah Garam.

Fernandez

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.