Pemda Kabupaten/Kota Diharapkan Terus Bina dan Kembangkan Koperasi

"Demi Mendorong Kemajuan Koperasi Sumbar"

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan kata sambutan dalam acara HUT Koperasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-71 di Pantai Muaro Lasak Padang, Minggu (29/07/2018)

PADANG, KABARSUMBAR- Gubenur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten/kota terus membina dan mengembangkan koperasi. Agar semakin banyak yang tumbuh dengan baik di kawasan-kawasan dengan produk unggulan tersebut.

Pihaknya mengatakan untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan koperasi tidaklah mudah, penuh tantangan dan kendala, diperlukan perhatian serta komitmen yang tinggi. Upaya tersebut sangat penting dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten/kota, organisasi kemasyarakatan dan pihak-pihak Penggiat koperasi.

“Kepada Bupati dan Walikota diharapkan lebih semangat untuk membina, mendorong dan memajukan koperasi melalui kebijakan dan program pemerintah pro-rakyat, pro-koperasi dan pro-UMKM,” kata Irwan.

Irwan mengatakan untuk terus meningkatkan sinergi dan kerjasama antar koperasi atau dengan Badan Usaha lainnya, yakni dengan cara memberi dukungan dan fasilitasi baik dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelembagaan dan usaha, serta memberi kemudahan dalam mengakses perizinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah.

Saat ini, Sumbar terus berbenah melalui rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi. Ia mengajak semua pihak memperkuat koperasi dengan kemandirian untuk kemakmuran bersama.

Selain itu, dengan tekad yang kuat dan bekerja keras, koperasi bersama dengan usaha mikro kecil dan menengah akan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

“Semangat kebersamaan dan gotong royong harus dijadikan sebagai salah satu pendukung dalam pemberdayaan koperasi secara integral dari seluruh komponen masyarakat. Kemudian hubungan antar anggota harus mencerminkan persaudaraan, kekeluargaan, memiliki tanggungjawab moril, dan sosial serta mengutamakan kepentingan bersama,” ujarnya.

Pihaknya mengajak seluruh pecinta koperasi, pemangku kepentingan atau stakeholder pembangunan koperasi di Sumbar untuk membangkitkan kesadaran dan kepercayaan masyarakat bahwa melalui koperasi usaha mereka akan Iebih meningkat. Serta mengingatkan bahwa koperasi harus menjadi tempat belajar setiap anggota untuk diberikan pendidikan dan pelatihan tentang perkoperasian baik dalam hal manajemen, teknologi, kualitas, variasi produk dan pemasaran.

“Tidak hanya itu, peran koperasi harus lebih ditingkatkan khususnya di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan pada kawasan-kawasan sentra melalui pengelolaan yang sesuai dengan usaha anggota, juga perlunya meningkatkan peran Koperasi Simpan Pinjam dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah dalam pembiayaan kepada anggota,” ujarnya.

Pemda kabupaten/kota harus mendorong koperasi untuk membangun jaringan usaha usaha terkait dan melakukan kemitraan dengan komoditi-komoditi lokal yang potensial, serta membantu akses permodalan ke lembaga-lembaga keuangan bank/bukan antara Iain KUR, UMI, LPDB, dan lainnya

Terakhir IP menambahkan untuk memenangkan persaingan pada era digital seperti sekarang ini, para pelaku usaha koperasi harus mampu beradaptasi dan menyambut tantangan dengan mereformasi koperasi. Tiga syarat utama yang perlu dilakukan yakni bekerja fokus, efesien dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada.

“Gerakan koperasi harus fokus dan cepat merespon perkembangan teknologi yang ada, mengingat dunia sudah semakin terbuka karena adanya teknologi yang memungkinkan pelaku usaha bergerak lintas wilayah dengan cepat,” akhirnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumbar, Hendra Irwan mengatakan dengan terwujudnya koperasi berskala besar, mandiri dan modern diharapkan mampu menciptakan “jaringan koperasi” vertikal maupun horizontal yang kuat.

“Tentu harus memiliki tekad untuk melakukan perubahan, dan meningkatkan kemampuan demi merubah diri menuju kepada eksistensi koperasi yang berkualitas dan dapat berperan sebagai pilar ekonomi negara,” kata dia di Padang, Minggu (29/07/2018). (putri caprita)

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan kata sambutan dalam acara HUT Koperasi Tingkat Provinsi Sumbar ke-71 di Pantai Muaro Lasak Padang, Minggu (29/07/2018)
Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...