Pemkab Agam Targetkan Setiap Nagari Miliki Jaringan Internet

Menara BTS
Ilustrasi
Menara BTS
Ilustrasi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam mengupayakan 82 Nagari untuk memiliki jaringan internet non Global System for Mobile Communication (GSM).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Fauzan Helmy Hutasuhut mengatakan, hasil pendataan yang dilakukan pihaknya pada Juli 2017, setidaknya ada 39 dari 82 Nagari atau 45 persen pada daerah itu belum memiliki jaringan internet.

Pihaknya mengharapkan seluruh Nagari itu harus tersambung jaringan internet pada 2018. Pasalnya, Pemkab Agam telah menerapkan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning) dalam rangka mewujudkan Smart Regency (Kabupaten Cerdas).

“Apabila tidak ada jaringan internet, maka nagari akan kesulitan untuk mencari informasi tentang e-planning,” kata Fauzan di Lubuk Basung, Senin (10/10/2017).

Dikatakan Fauzan, secara mekanisme, pihaknya telah memfasilitasi Nagari yang belum miliki jaringan internet ke penyedia jaringan tersebut.

Kemudian, penyedia jaringan itu menawarkan ke Nagari yang belum memiliki jaringan Telkom dengan sistem satelit untuk pemasangan awal dan biaya beban selama satu tahun.

“Dengan sistem satelit itu, setiap nagari bisa mengakses internet,” pungkas Fauzan.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.