Pemkab Pasbar Bersama Baznas Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Ujung Gading

Pemkab Pasbar Bersama Baznas Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Ujung Gading

Pasaman Barat – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan peninjauan dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran yang terjadi Minggu 8 Januari 2022 sore. Peristiwa ini menghanguskan empat unit rumah warga dan satu unit rumah walet di Jalan Sumba, Jorong Taluak Ambun, Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Wakil Bupati Pasbar bersama Sekretaris Daerah Hendra Putra, Kepala Dinas Sosial Hermanto, Ketua Baznas Pasbar Muhajir, PMI, BPBD, Camat Lembah Melintang Saparuddin, serta stakeholder terkait lainnya mengunjungi langsung korban kebakaran, Senin, 10 Januari 2022.

Empat unit rumah tersebut merupakan milik keluarga Suherman Syah (35), Rohima (65), Izza (40), dan rumah Tamrin (59), yang juga merupakan pemilik rumah walet yang ikut terbakar dalam peristiwa tersebut. Saat ini, untuk sementara waktu korban kebakaran diungsikan di rumah warga sekitar.

Wakil Bupati Risnawanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah kebakaran yang menimpa warga Jalan Sumba, Jorong Taluak Ambun Nagari Ujung Gading. Wabup berharap agar keluarga korban diberikan kekuatan dan kesabaran.

“Kami dari Pemda sangat berbelasungkawa atas musibah kebakaran dalam menimpa 4 keluarga ini. Kita mengharapkan keluarga yang terkena musibah diberikan kesabaran, serta kekuatan untuk menghadapi cobaan”, kata Wabup Risnawanto.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Pasbar bersama Stakeholder lainnya juga menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran berupa sembako, peralatan rumah tangga dan uang tunai.

“Hari ini kami hadir menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako, peralatan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya serta uang tunai senilai Rp 12 juta untuk 4 keluarga korban. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, dan bisa meringankan beban keluarga”, jelasnya.

Selain itu, Wabup juga meminta masyarakat sekitar untuk bergotong royong membantu membersihkan sisa serta puing-puing rumah korban, agar apabila nanti adanya bantuan pembangunan rumah, lokasi sudah bersih.

Sementara itu, Ketua Baznas Pasbar, H. Muhajir pada kesempatan tersebut mengatakan, penyaluran bantuan dari Baznas merupakan realisasi dari program Pasbar Peduli.

“Kami dari Baznas Pasbar pada kesempatan ini, bersama pemda dan unsur terkait menyerahkan bantuan bagi warga kita yang ditimpa musibah kebakaran.”

Lanjutnya, semoga korban yang ditimpa musibah diberi ketabahan dan mengambil hikmah dari peristiwa yang terjadi, dan tetap semangat dalam menjalani dan bangkit dari musibah ini.