Pemkab Solok Selatan Usulkan Penambahan Armada Damkar

Ilustrasi. Pemadam Kebakaran.
Ilustrasi. Pemadam Kebakaran. Foto : Internet

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengaku masih membutuhkan tambahan tiga unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) agar daerah itu memiliki unit pemadam pada setiap kecamatan.

Kepala Bidang Damkar, Dinas Polisi Pamong Praja dan Damkar Solok Selatan, Zainal Abidin mengatakan, sekarang ini pemkab baru memiliki lima unit mobil. Dimana, ditempatkan pada tiga kecamatan diantaranya Sangir dan Sungai Pagu masing-masing dua unit serta Sangir Jujuan satu unit.

“Tahun depan kita mengusulkan penambahan tiga unit mobil Damkar beserta perlengkapan petugas untuk ditempatkan pada setiap kecamatan,” kata Zainal di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Senin (4/9/2017).

Zainal menjelaskan, saat ini mobil yang tersedia kesulitan melayani warga apabila terjadi kebakaran karena jarak yang cukup jauh.

Untuk Damkar di Sungai Pagu melayani tiga kecamatan yaitu Sungai Pagu, Koto Parik Gadang Diateh dan Pauah Duo.

Sedangkan untuk yang pos di Lubuak Malako melayani tiga kecamatan diantaranya, Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Janggo.

“Jarak setiap kecamatan cukup jauh sehingga petugas butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi kebakaran sehingga butuh penambahan mobil,” jelas Zainal.

Selain itu, pihaknya juga butuh penambahan perlengkapan keamanan petugas saat bekerja. Sekarang, perlengkapan petugas baru memiliki satu stel setiap posko sedangkan personilnya ada 7 sampai 9 orang.

“Perlengkapan ini menyangkut keselamatan petugas saat bekerja di lapangan sehingga sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Zainal berharap, usulan pengadaan ini dapat disetujui TAPD hingga DPRD sehingga memaksimalkan kinerja petugas di lapangan.

Loading...
KPU HIMBAUAN
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...