Pemkab Tanah Datar Rangkul UNP Kembangkan Pendidikan dan Kebudayaan

TANAH DATAR, KABARSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar merangkul Universitas Negeri Padang (UNP) dalam pengembangan pendidikan dan budaya melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Tanah Datar.

Bentuk kerjasama tersebut diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara UNP dengan Pemkab Tanah Datar pada Puncak Mortir (salah satu negeri terindah di dunia) Nagari Pariangan Senin (3/9/2018).

Penandatanganan kesepakatan dilakukan langsung oleh Rektor UNP Prof Ganefri dan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Rusdinal.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi Samah, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, forkopimda, Asisten, Pimpinan OPD, jajaran akademika UNP, Camat, Wali Nagari se-Tanah Datar.

Rektor UNP Prof Ganefri mengatakan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian tupoksi sebagai seorang dosen di perguruan tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Setiap tahun UNP selalu mengalokasikan anggaran untuk kegiatan riset dan pengabdian masyarakat dengan tujuan hasil riset bisa diimplementasikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan bisa meningkatkan produktifitas masyarakat tentunya,” sebut Ganefri.

Melalui kesepakatan bersama dalam bidang pendidikan dan budaya ini, katanya nanti diharapkan bisa membantu Pemkab dalam meningkatkan pendidikan dan pelestarian budaya warisan leluhur.

Ganefri juga menyinggung asal muasal perguruan tinggi yang didirikan oleh M. Yamin di Batusangkar yang merupakan cikal bakal UNP sekarang. Untuk itu pada hari jadi UNP pada tanggal 23 Oktober 2018, mendatang, pihaknya akan membangun monumen di Batusangkar.

Sementara Bupati Irdinansyah Tarmizi menyambut baik kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya bidang pendidikan dan budaya yang dilakukan oleh UNP.

Irdinansyah mengharapkan pihak UNP ingin meneliti secara khusus tentang nagari tuo Pariangan yang merupakan nagari tertua di Minangkabau dan merupakan asal muasal nenek moyang orang Minang.

Apalagi, dikatakan Irdinansyah di UNP sudah ada Fakultas Pariwisata, dan dengan adanya kerjasama ini bisa memberikan masukan serta untuk pengembangan pariwisata khususnya Nagari Tuo Pariangan yang dinobatkan sebagai desa terindah di dunia.

“Kami berharap kerjasama ini berlanjut terus. Kepada OPD yang terkait dengan penilitian ini diminta mendukung kegiatan ini sepenuhnya. Siapkan anggaran pendampingan yang dibutuhkan untuk mendukung kerjasama ini, selagi semua itu bisa membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap bupati kepada OPD terkait.

Sehubungan dengan rencana pihak UNP yang akan membangun monumen di kabupaten Tanah Datar untuk mengenang perjalanan sejarah kampus yang saat ini bernama UNP itu, dan tawaran untuk membangun kembali kampus di Tanah Datar Bupati Irdinansyah juga menyambutnya dengan gembira dan mendukung rencana tersebut.

Sementara Ketua LP2M UNP Prof Rusdinal katakan kegiatan kerjasama ini merupakan yang keempat setelah Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Khusus untuk Tanah Datar, dijelaskannya, untuk penelitian 7 judul proposal dan pengabdian masyarakat 21 judul proposal, sebagai besar penelitian dan pengabdian masyarakat fokus kegiatan pendidikan dan kebudayaan.

Tujuan kegiatan ini diharapkan memberi dampak kepada masyarakat dalam output dan terjadi hilirisasi dalam membantu percepatan pembangunan didaerah, pungkasnya.

[Ddy]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...