Pemko Padang Gencarkan Bangun Bank Sampah Setiap RW

Foto : Internet

PadangWali Kota Padang Hendri Septa menargetkan sebanyak 887 bank sampah dapat terbentuk di setiap RW di Kota Padang pada akhir tahun 2023.

Hal ini disampaikannya saat menyerahkan dana operasional RT/RW, Guru TPQ/TQA dan MDT, Imam Masjid, Kader PAUD, serta Kader Posyandu Triwulan III di lingkungan Kecamatan Lubuk Kilangan di Masjid Raya Jabal Rahmah, Indarung, kemarin (9/10/2023).

“Saya minta kepada Bapak/Ibu RW untuk segera membentuk bank sampah di masing-masing RW. Kita targetkan akhir tahun 2023 ini masing-masing RW sudah memiliki satu bank sampah,” tegas Wako.

Wako Hendri Septa menjelaskan, saat ini di Kota Padang terdapat sekitar 887 RW.

Dengan adanya bank sampah, diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin yang jumlahnya per harinya mencapai 600 ton.

“Melalui bank sampah, kita ingin mengurangi jumlah sampah yang sampai ke TPA. Saat ini dengan jumlah bank sampah yang ada baru bisa mengurangi 100 ton,” ungkapnya.

Wako Hendri Septa juga berharap, dengan adanya bank sampah, dapat mengubah persepsi masyarakat yang menganggap sampah sebagai sesuatu yang tidak berharga menjadi bernilai ekonomis.

Masyarakat dapat menyetorkan sampah yang sudah dipilah terlebih dahulu ke bank sampah. Jenis sampah yang diterima oleh bank sampah meliputi sampah kering seperti plastik, kertas, botol, kardus, aluminium, dan besi.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.