Pemko Solok Gelar MTQ Virtual Antar Kelurahan

Solok Kota – Tahun ini pelaksanaan MTQ tingkat Kota Solok dilaksanakan secara virtual.Walaupun dimasa pandemi saat sekarang ini, tidak menyurutkan semangat Pemerintah Kota Solok melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar Kelurahan se-Kota Solok tahun 2020 dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an 1441 H.

MTQ yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai dari tanggal 13 Mei s.d 14 Mei 2020 ini mengangkat tema “Menuju Kota Beras Serambi Madinah yang Diberkahi“.

MTQ virtual ini dibuka langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian, melalui video conference yang bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Solok, Rabu 13 Mei 2020, turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Solok Reinier, Asisten Bidang Pemerintahan Nova Elfino, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok Eri Iswandi.

Ketua pelaksana Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Solok Heppy Dermawan dalam laporannya menyebutkan untuk Tahun ini Kota Solok cuma laksanakan satu cabang lomba yaitu cabang tilawah, yang masing-masing kelurahan mengutus 1 Qori dan Qori’ah dengan total peserta 26 orang, dan juga pemko solok telah menyediakan hadiah bagi para pemenang dengan total 10 jt rupiah. menariknya, bagi peserta yang tidak menang juga akan mendapatkan uang pembinaan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok Eri Iswandi dalam sambutannya mengapresiasi kepada Kota Solok yang telah melaksanakan kegiatan keagamaan seperti ini. “Alhamdulillah, MTQ tahun ini terlaksana walaupun keadaannya kurang memadai, ini bukti bahwa semangat kita dalam membaca Al-qur’an” tuturnya.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota Solok Reinier, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Solok juga ikut ucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang terkait atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini terlaksana. “Walaupun dalam situasi sulit seperti saat sekarang ini pun kita tidak melewatkan untuk selalu lakukan syiar islam melalui mtq ini, semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi daerah kita” Harap Reinier.

Disisi lain, Wali Kota Solok Zul Elfian menjelaskan bahwa dalam kondisi pandemi saat ini mengharuskan kita untuk menjaga diri agar tidak terpapar virus covid-19. Pelaksanaan MTQ secara virtual ini pun harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Wako menambahkan, “melalui kegiatan ini kita berharap iman dan taqwa kita semakin bertambah sehingga Allah dapat melindungi kita semua dari marabahaya, kita ingin mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa, ini sebuah gerakan yang harus kita lakukan” ungkap Wako.

Kegiatan ini juga sebuah sarana bagi Pemerintah Daerah dalam menjaring Qori dan Qori’ah terbaik, sekaligus melihat potensi-potensi yang ada di masing-masing kelurahan.

“Selamat bertanding bagi seluruh peserta, lakukan kemampuan secara maksimal, dan untuk para dewan hakim diharapkan dapat menilai secara objektif, semoga dengan adanya kegiatan ini daerah kita selalu diberkahi oleh Allah,”tutup Wako.

Fernandez

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...