Pemko Solok Rancang Sistem Transportasi Pendukung Kawasan Agrowisata Payo

  • Bagikan

Kota Solok – Bertempat di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Solok, Senin 30 Agustus 2021, Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penelitan dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok melaksanakan Penyusunan Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo dalam rangka meningkatkan aksesibilitas agrowisata Payo.

Payo yang merupakan sebuah kawasan agrowisata yang memiliki potensi keindahan pemandangan serta tanahnya yang subur, terletak di atas perbukitan dengan ketinggian 900 mdpl, dari Payo kita dapat dinikmati kesejukan udara  dengan view danau singkarak dan Kota Solok yang sangat menawan.

Kajian ini terlaksana atas kerja sama Balitbang Kota Solok dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) Padang dan melibatkan Tim Teknis dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Baca Juga :  Wagub Sumbar Tempuh Medan Ekstrem Tinjau Pembangunan Mapat Tunggul Selatan

Tahapan kajian saat ini telah dilaksanakan Pemaparan dan Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Kajian Sistem Transportasi Pendukung Pengembangan Kawasan Agrowisata Payo Kota Solok  yang dihadiri oleh Kepala Balitbang Kota Solok, Marwis, Tim Ahli dan Tim Teknis dari OPD tekait.

Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Teknologi Balitbang Kota Solok, Darmawel, selaku Ketua Tim Teknis melaporkan pelaksanaan kegiatan di hadapan peserta. Acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala Balitbang Kota Solok sebagai penanggungjawab kegiatan.

Marwis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Agrowisata Payo merupakan kawasan yang menjadi sasaran pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026.

“Kawasan ini masih perlu dikembangkan, salah satu caranya melalui perbaikan sistem transportasi menuju Agrowisata Payo yang berjarak 4,6 km dari pusat kota Solok. Oleh karena itu, dibutuhkan Penyusunan kajian sistem transportasi pendukung pengembangan kawasan Agrowisata Payo dengan harapan dapat memberikan rekomendasi kepada kepala daerah dalam pengambilan kebijakan,” jelas Marwis.

Baca Juga :  Teknisi Molen Selalu Siap di Lokasi TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak

Tim Ahli berharap kajian ini mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di Kota Solok melalui rekomendasi hasil kajian yang dirumuskan bersama tim teknis terkait akses jalan dan penjelasan kondisi geometrik. Kajian transportasi yang akan dilaksanakan tidah hanya sebatas dukungan sistem transportasinya tetapi juga mempersiapkan destinasi yang terintegrasi dan terpadu dalam satu kawasan.

“Selanjutnya akan dilakukan perbaikan laporan berdasarkan hasil pembahasan ini dan akan dilaksanakan pemaparan laporan selanjutnya yaitu Laporan Antara yang waktunya akan ditentukan kemudian,” tutup Darmawel, selaku Ketua Tim Teknis

  • Bagikan