Pemko Sosialisasi Tablet Tambah Darah Kepada Murid MTsN Kota Solok

Solok Kota – Bertempat di halaman Madrasah Tsanawiyah Negri (MTsN) Kota Solok, petugas kesehatan dari Puskesmas Tanah Garam melaksanakan pemberian tablet tambah darah dengan sasaran peserta didik putri MTsN, sekaligus dilakukan sosialisasi pemberian tablet tambah darah, Jumat (22/7).

Salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang para remaja adalah anemia. Anemia banyak menyerang para remaja putri lantaran kekurangan zat besi. Saat menstruasi, remaja putri banyak kehilangan darah dan asupan nutrisi yang kurang terpenuhi. Maka salah satu penanganannya adalah pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri yang telah mengalami menstruasi.

Petugas kesehatan Puskemas Tanah Garam, Pophy Arwin mengungkapkan Tablet Tambah Darah dinilai penting untuk meningkatkan gizi remaja putri agar dapat mencegah anemia serta meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh.

Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana kadar Hemoglobin/Hb dalam darah lebih rendah dari normal. Gejala Anemia yang sering ditemui adalah 5 L (Lesu, Lemah, Letih, Lelah, Lalai), biasanya disertai dengan sakit kepala, pusing, berkunang-kunang, mudah mengantuk, cepat capai, dan sulit konsentrasi. Tujuan pemberian tablet tambah darah selain mencegah Anemia juga mencegah Stunting.

Pembagian tablet difokuskan pada para siswi karena remaja putri pada usia SLTA/ MTsN sederajat rentan terkena anemia, baik karena aktivitas fisik yang banyak, asupan makanan yang kurang mencukupi kebutuhan gizi, gaya hidup kurang sehat, atau kombinasi faktor-faktor tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala MTsN Kota Solok, Ifa Yetriani berharap pihak Puskesmas senantiasa membangun kerjasama, terutama terkait kesehatan remaja, agar siswa madrasah bisa tumbuh sehat, optimal dan bisa berprestasi dengan baik.

Pemberian Tablet Tambah Darah ini akan diberikan pada Jumat pagi setiap minggunya, selama 52 Minggu atau setahun, Petugas yang hadir dalam kegiatan ini, Pophy Arwin, SKM, M.Kes, Silvia Widiantari, AMG, Marni Eka Putri, AMG, dan Ns. Erdalini, S.Kep