#BikinAsikdiRumah - Mar 2020
#BikinAsikdiRumah - Mar 2020

Pemprov Sumbar Adakan Rakor Virtual Jelang ‘New Normal’

Padang – Jelang berakhirnya masa perpanjangan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di wilayah Sumatera Barat (kecuali Bukittinggi) pada 7 Juni 2020, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, dan dihadiri oleh bupati dan walikota se-Sumatera Barat secara virtual pada Rabu, 03 Juni 2020.

Pembahasan rapat tersebut meliputi indikator yang harus dipenuhi dan menjadi panduan dalam menerapkan Tatanan Baru Produktif Aman COVID-19, sesuai yang telah dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Irwan Prayitno menyebut ada enam syarat yang dipaparkan oleh WHO.

“Salah satunya adalah membuktikan bahwa penyebaran melalui transmisi lokal telah terkendali dengan baik. Presentase kesembuhan berada pada angka 47,39%, jauh dari rata-rata nasional. Sementara tingkat kematiannya berkisar di angka 4,35%,” ujar Gubernur melalui video conference.

Syarat kedua adalah sistem kesehatan masyarakat yang dapat mendeteksi, menguji, mengisolasi, dan menangani setiap kasus, serta melacak setiap kontak. Menanggapi hal ini, Gubernur menyebut bahwa masih terus dilakukan peningkatan dalam pelayanan medis, termasuk rumah sakit dan laboratorium. Salah satunya laboratorium UNAND yang diklaimnya dapat memeriksa 1500 sampel SWAB setiap hari.

Syarat selanjutnya yang juga menjadi pembahasan dalam rapat tersebut adalah mengenai penetapan langkah-langkah pencegahan khususnya pada pusat aktivitas masyarakat seperti rumah sakit, sekolah, dan pelayanan publik lainnya; upaya antisipasi penyebaran kasus impor dari luar daerah; serta usaha mengedukasi masyarakat agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Pemprov bersama DPRD Sumbar juga sedang menyiapkan peraturan daerah tentang tatanan hidup baru yang produktif aman COVID-19, dengan mempertimbangkan kearifan lokal seperti adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah,” tambah Irwan.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...