Pencuri Peralatan Komputer Kantor Wali Nagari Kinali Diringkus Polisi

  • Bagikan
Foto : Ilustrasi

Pasaman Barat – Polsek Kinali meringkus pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) berinisial J, 31 tahun. Pelaku adalah warga Sungai Balai Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis 27 Mei 2021.

Kepala Kapolres Pasbar melalui Kapolsek Kinali, AKP Defrizal mengatakan, pelaku ditangkap sekitar pukul 14.00 WIB berdasarkan laporan polisi Nomor: LP/21/IV/2021/SPKT/POLSEK-KINALI/POLRES PASAMAN BARAT/POLDA SUMATERA BARAT tanggal 25 April 2021 tentang peristiwa tindak pidana pencurian.

“Dalam laporan itu disampaikan telah terjadi pencurian satu set komputer yang terdiri dari layar monitor merek LG, CPU Accer dan Printer Epson pada hari Minggu 25 April 2021, sekitar pukul 01.00 WIB, akhirnya kita lakukan penyelidikan terhadap pelaku,” katanya, Kamis 27 Mei 2021 malam.

Baca Juga :  Kebakaran Hanguskan Satu Rumah di Alang Laweh Padang

Ia menjelaskan, pencurian tersebut terjadi di Kantor Wali Nagari Persiapan VI Koto Selatan, Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali. Pelaku melakukan aksinya dengan cara memanjat dan merusak ventilasi belakang kantor dan masuk ke dalam kantor untuk melakukan aksinya.

“Pelaku mengambil komputer yang terletak di atas meja kerja salah satu staf kantor Wali Nagari, dan atas kejadian ini kerugian ditaksir sekitar Rp7 juta,” ujarnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh personel Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Kinali, sudah diketahui ciri-ciri pelaku dan akhirnya dilakukan upaya paksa berupa penangkapan berdasarkan surat perintah penangkapan Nomor: SP.KAP/18/V/2021/Reskrim tertanggal 27 Mei 2021.

“Sejak pagi dilakukan penyelidikan tentang keberadaan tersangka yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Aiptu Novri Yardi, kemudian menemukan keberadaan tersangka di Pasar Durian Kilangan, Jorong Langgam, Nagari Kinali dan akhirnya langsung dilakukan penangkapan,” terangnya.

Baca Juga :  PT BSS Bantah Buang Sampah ke Sungai Saat Disidak Bupati Pasbar

Adapun barang bukti yang berhasil ditemukan berupa satu unit CPU, satu unit keyboard dan satu unit printer merek Epson. Sedangkan satu unit layar monitor Merek LG yang sebelumnya juga dilaporkan hilang belum ditemukan.

Tersangka saat ini sudah diamankan di Mapolsek Kinali guna pemeriksaan lebih lanjut. Terhadap tersangka kita kenakan Pasal 363 ayat ke-1 ke-3e, ke-5e Jo Pasal 362 KUHP.

  • Bagikan