Peringati Sumpah Pemuda, Gempita Sumbar Tanam Jagung Perdana

Koordinator Gempita Sumbar Nurkhalis usai diskusi dengan Mentan RI Amran Sulaiman.
Koordinator Gempita Sumbar Nurkhalis usai diskusi dengan Mentan RI Amran Sulaiman.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Ribuan kader Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumbar melakukan tanam perdana serentak se-Sumbar.

Penanaman perdana akan dilaksanakan di Padang Kandih, Kenagarian VISI Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, pada 29 Oktober mendatang.

Selain di Limapuluh Kota, program dengan tajuk “Jagungkan Lahan Tidur” ini juga akan dilaksanakan di Kota Solok, Kabupaten Solok┬áSelatan, dan Kabupaten Agam.

Koordinator Wilayah Gempita Sumbar, Nurkholis mengatakan, program Jagungkan Lahan Tidur adalah program unggulan Gempita.

“Sebanyak 14 daerah Korda Gempita yang telah terbentuk di Sumbar siap sukseskan program Jagungkan Lahan Tidur ini. Di Sumbar, selama tahun 2017 Gempita sudah memiliki 6000 Ha CPCL untuk ditanami jagung,” jelas Nurkholis usai rapat dengan Koordinator Nasional Gempita M Riyadha, dan Kementerian Pertanian di Jakarta, Kamis 26 Oktober 2017.

Nurkholis yakin, Progam ini akan melahirkan regenerasi petani yang memiliki menejemen modern. Gempita Sumbar punya motto dalam program ini “Modernisasi Petani, Rang Mudo Manaruko”

“Harapan kita kepada seluruh pemuda agar kita bangga menjadi petani. Terima kasih banyak dari seluruh kader Gempita Sumbar kepada bapak Menteri Pertanian, Kornas Gempita, Gubernur sumbar dan Forkopimda Sumbar, Khususnya Dinas Pertanian Sumbar,” ujar Nurkhalis.