Polisi Bekuk Komplotan Rampok Antar Daerah

Foto : internet

Pariaman – Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman meringkus komplotan perampok yang diduga telah beraksi pada sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan, pihaknya terpaksa melepeas tembakan terhadap dua pelaku saat menangkapnya.

Awalnya, polisi menangkap seorang penadah, hingga menangkap tiga orang pelaku perampokan tersebut.

“Kami menangkap penadahnya lalu dilanjutkan menangkap pelaku perampokannya pada Kamis (10/3) sekitar pukul 02.00 WIB, sebelum merampok di Kabupaten Padang Pariaman,” kata Abdul Azis di Kota Pariaman, Jumat (11/3).

Dia menjelaskan, perampok terdiri dari tiga pelaku, diantaranya H (46), N (45), dan HF (36). Mereka merupakan warga Kabupaten Solok Selatan yang telah mencuri pupuk di Kabupaten Pesisir Selatan, kemudian bahan bangunan di Kota Bukittinggi, serta suku cadang bermotor di Kota Pariaman.

“(Salah satu) barang curian dari pelaku, yakni oli, ban dalam dan aki motor, mereka jual ke penadah berinisial OP (32) di Kabhpaten Solok. Sedangkan pupuk mereka gunakan untuk ladangnya,” jelas Abdul Azis.

Adapun penangkapan terhadap dilakukan pada Selasa (8/3) lalu, setelah polisi menerima laporan korban atas nama Hendra pada Senin (7/3).

Selanjutnya kepolisian menangkap pelaku pembobolan pada Kamis dinihari. “Dua pelaku pembobolan terpaksa kami lumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan,” jelas Abdul.

Selain itu, salah satu pelaku berinisial H merupakan residivis dalam kasus pembunuhan dan pencurian. “H ini merupakan otak dari perampokkan, sedangkan HF mendobrak pintu dan N membawa mobil,” kata Abdul.

Sementara itu, para pelaku saat ini telah ditahan di Mapolres Pariaman untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Sudah ditahan, dan sedang diproses untuk penyelidikan lebih lanjut,” pungkas Abdul.