PPHI Inisiasi Konferensi Indonesia Halal Tourism Summit ke-3

  • Bagikan
PPHI Inisiasi Konferensi Indonesia Halal Tourism Summit ke-3. Foto: PPHI

Jakarta – PPHI bersama Bank Indonesia mengadakan konferensi IHTS (Indonesia Halal Tourism Summit) ke-3 bertemakan “Halal Tourism and Wellness Tourism” dan membahas upaya meningkatkan disiplin protokol kesehatan di era normal baru pada setiap sektor industri pariwisata.

2021 adalah tahun kedua untuk Indonesia dan dunia menghadapi masa penuh tantangan dalam krisis Pandemi COVID-19, termasuk Pariwisata Halal. Namun, masalah ini sudah mulai dapat teratasi sedikit demi sedikit melalui program vaksinasi, yang dapat memperkecil persentase keparahan penularan virus COVID-19.

Dengan terus meningkatnya jumlah masyarakat yang telah divaksinasi berdampak positif pada sektor pariwisata, yakni dapat membuka kembali pergerakan wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata, sehingga meningkatkan pendapatan sektor pariwisata.

Di tengah kondisi tersebut, Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) sebagai wadah para pelaku Pariwisata Ramah Muslim di Indonesia terus berupaya untuk menumbuhkan rasa optimisme.

Baca Juga :  Lakukan Penyamaran, Petugas Ciduk Seorang Pria Jual Sabu

Untuk itu, PPHI menginisiasi kegiatan The 3rd Indonesia Halal Tourism Summit (IHTS) sebagai langkah dalam menjawab tantangan hidup berdampingan dengan COVID-19, khususnya untuk memupuk kebersamaan dalam menjaga kedisiplinan dalam penerapan Protokol Kesehatan di setiap kegiatan Industri Pariwisata di era kehidupan normal baru.

IHTS 2021 iniĀ  berlangsung secara hybrid, online melalui aplikasi zoom, dan offline secara langsung di Jakarta Convention Center, berkolaborasi bersama Bank Indonesia sebagai rangkaian ke-8 Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2021, pada hari Selasa, 26 Oktober 2021.

Ketua PPHI, Riyanto Sofyan menyatakan kegiatan IHTS 2021 diisi dengan empat rangkaian acara, yaitu Konferensi Internasional bertemakan halal tourism and wellness tourism, Peluncuran Gerakan Sehat dan Sejahtera Bersama Pariwisata (GEBER PARIWISATA), Pelantikan Pengurus DPP PPHI, dan juga Rakernas PPHI.

“Agenda pertama adalah PPHI Friday Night talk yang merupakan Business Inspiration Sharing dan Business Matching Sessions untuk membahas potensi peluang bisnis dalam new normal Halal Tourism yang berfokus pada Wellness Tourism,” ujar Riyanto Sofyan, Minggu (31/10/2021).

Baca Juga :  Satpol PP Lakukan Penertiban PKL yang Membandel Tempati Trotoar

Agenda kedua, lanjutnya, adalah Konferensi Internasional. Pada kegiatan Konferensi Internasional, hadir sebagai pembicara ialah Ir. Audy Joinaldy (Wakil Gubernur Sumatera Barat), Tendi Nuralam (Indonesia Wellness Institute), Fazal Bahardeen (CEO Crscent Rating Singapore).

“Hadir pula sebagai pembicara yakni Prof Irwandi Jaswir (Koordinator Halal Research Center IIUM Malaysia), Dr. Sagiran (Majelis Upaya Kesehatan Syariah Indonesia/MUKISI), dan Dr. Leni Pintowari (Perkumpulan Kedokteran Wisata Indonesia),” paparnya.

Selainitu, hadir sebagai Keynote Speech ialah Dato Mohmed Razip Haji Hasan (Dirjen Islamic Tourism Center (ITC), Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia), dan Sandiaga Uno (Menparekraf RI).

  • Bagikan