Puluhan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lima Puluh Kota Pada Pemilihan Tahun 2024 Dilantik

Bukittinggi – Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Lima Puluh Kota, Yoriza Asra melantik dan mengambil sumpah jabatan puluhan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PANWASCAM) se-Kabupaten Lima Puluh Kota, di salah satu hotel di Kota Bukittinggi, Jumat siang (24/5).

Puluhan Panwaslu Kecamatan itu nantinya akan bertugas dalam Pemilu Serentak Nasional tahun 2024 yang akan digelar November mendatang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu juga dihadiri Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kepala Sekretariat BAWASLU Provinsi Sumatera Barat Karnalis Kamarudin, Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra, Kapolres, Dandim 0306/50 Kota, Ketua KPU Lima Puluh Kota, Kesbangpol dan Camat se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota Yoriza Asra usai melantik dan mengambil sumpah jabatan Panwaslu Kecamatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya dalam merekrut Panwaslu Kecamatan melalui dua cara, pertama melakukan evaluasi kinerja pada Panwascam pada Pemilihan Legislatif 2024 dan kedua membuka pendaftaran bagi pendaftar baru.

“Iya, kami ucapkan selamat bagi puluhan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan. Panwaslu harus menjaga independensi dan integritas

serta meningkatkan kapasitas,” ucap Yori.

Ia juga mengatakan bahwa Regulasi atau aturan dan suasana Pilpres berbeda dengan Pilkada, untuk itu Panwaslu harus bekerja dengan baik.

“Regulasi atau aturan dan suasana Pilpres berbeda dengan Pilkada, untuk itu Panwaslu harus bekerja dengan baik.” Tambahnya.

Lebih jauh, Yori mengatakan bahwa anggota Panwaslu Kecamatan yang baru diharapkan dapat langsung bekerja dan membangun komunikasi dengan Stakeholder ditingkat Kecamatan.

“Anggota Panwaslu Kecamatan yang baru diharapkan dapat langsung membangun koordinasi yang baik dengan stakeholder di tingkat Kecamatan. Dan perlu diingat bahwa kewenangan Panwaslu Kecamatan terbatas.” Tutupnya.

Dalam Pemilu Serentak Nasional tahun 2024 nanti, masing-masing Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota akan terdapat 3 orang anggota Panwaslu Kecamatan. Dari 39 anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik, 28 orang diantaranya merupakan mantan Panwascam Pada Pileg 14 April lalu, sementara 11 lainnya adalah baru.

Sementara itu, Kepala Sekretariat BAWASLU Provinsi Sumatera Barat, Karnalis Kamaruddin saat memberikan sambutan berharap agar Panwaslu Kecamatan bisa terus menambah pemahaman terhadap Regulasi dalam melakukan pengawasan Pilkada serentak Nasional.

“Panwaslu Kecamatan terpilih dapat bekerja keras untuk dapat menciptakan Pilkada yang lebih baik. Terus Menambah Pemahaman terhadap Regulasi dalam pengawasan tahapan pemilihan serta berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.” Harapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Deni Asra berharap puluhan Panwaslu Kecamatan yang lolos seleksi yang ketat oleh Bawaslu, nantinya dapat bekerja hati-hati dan sesuai aturan untuk mewujudkan Pilkada yang bermartabat, jujur dan adil.

“Dengan Pengalaman dan seleksi yang ketat oleh Bawaslu, kita harapkan Panwaslu Kecamatan bekerja dengan hati-hati dan sesuai aturan untuk wujudkan Pilkada yang bermartabat jujur dan adil,” ucap Deni.

Politisi Partai Gerinda itu juga berharap agar PANWASLU Kecamatan yang baru dilantik dapat menjadi PANWASLU yang berkualitas dan berintegritas.

Harapan yang sama juga disampaikan Bupati Limapuluh Kota, Safarudin. Ia berharap puluhan Panwaslu Kecamatan untuk membaca dan memahami aturan Pemilu serentak Nasional atau Pilkada.

Ia juga berharap nantinya partisipasi masyarakat bisa meningkat dalam Pilkada yang akan digelar November nanti.

“Pemilu berkualitas akan terlaksana jika seluruh masyarakat dapat memberikan hak pilihnya. Kita juga berharap dan mengantisipasi terjadinya Pemungutan Suara Ulang.” Tutupnya. (Ikhlasul Ihsan)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.