Rapat Koordinasi PPID Sumbar, Optimalkan Kualitas Informasi Publik

Foto: Internet

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Sumatera Barat adakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi Publik dan Dokumentasi Publik (PPID) Kabupaten dan Kota se-Sumbar pada Senin, 22 Mei 2023 di D’Relazion Resto dan Cafe Kota Solok.

Dalam acara tersebut, H. Arya Sandhiyudha, Ph.D, Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, menekankan bahwa Badan Publik harus memiliki tingkat informatif yang tinggi agar masyarakat mempercayai badan tersebut.

“Agar kepercayaan dari masyarakat dapat tumbuh, Badan Publik harus menjadi sumber informasi yang baik,” ujar Arya.

Dia juga menekankan bahwa dalam melayani permintaan informasi, PPID harus bersikap adil. Setiap permohonan informasi harus dilayani dengan baik, tanpa memandang status atau jabatan pemohonnya.

Arya menjelaskan bahwa Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menetapkan kewajiban bagi setiap Badan Publik untuk memberikan akses kepada setiap pemohon informasi publik, kecuali beberapa informasi tertentu.

Nofal Wiska, Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan penilaian terhadap kategori Badan Publik. Oleh karena itu, Badan Publik diharapkan mempersiapkan diri dengan baik.

Indikator penilaian yang akan digunakan antara lain pengembangan website, pengumuman informasi publik, pelayanan informasi publik, dan penyediaan informasi publik.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.