Rumah Layak Huni Untuk Nenek Anyam Dari TMMD/ ke-103 Kodim 0311/Pessel

TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel sedang merenovasi rumah Upiak Anyam (60) tahun warga desa Pulai Nagari Lakitan Kecamatan lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

 

PESISIR SELATAN, KABARSUMBAR – Berbicara tentang rumah tempat untuk tinggal dan melangsungkan kehidupan, siapa yang tak menginginkan sebuah hunian nyaman dan layak pakai. Begitu juga dengan seorang nenek berusia 60 tahun, warga desa Pulai Nagari Lakitan Kecamatan lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat (Sumbar) yang saat ini memiliki rumah yang tak layak huni.

Mimpi dan angan-angan seorang wanita paruh baya bernama Upiak Anyam (60) tahun ini akan segera terwujud melalui program TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel Selasa (16/10) dengan direnovasinya rumah yang tidak layak huni tersebut menjadi layak huni. Saat ini rumah tersebut telah di Bongkar dan sedang dalam proses pengerjaan .

Mak Upiak Anyam (60) merupakan seorang janda tua yang bekerja sebagai buruh cuci. Beliau menghuni rumah ukuran 7×6 tersebut beratapkan rumbia dengan dinding kayu. Ia tinggal bersama satu orang cucu dan tiga orang cicit yang masih Balita.

Rumah tersebut menjadi salah satu program TMMD/N ke-103 Kodim 0311/Pessel karena tidak mempunyai kamar mandi dan WC untuk buang air besar (sanitasi). Biasanya setiap hari untuk BAB Upiak Anyam harus pergi ke kali (sungai).

“Saya merasa bermimpi dan sangat berterima kasih atas bantuan bapak-bapak tentara yang telah membantu merehab rumah saya.” tutur Mak Upiak Anyam.

Rumah Mak Upiak Anyam merupakan salah satu dari tujuh unit rumah di Nagari Lakitan yang akan di rehab selama kegiatan TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel.

Sebelumnya Rumah Mbah Usrek masih berlantai tanah, dengan rangka kayu yang hampir roboh, yang terletak di pendalaman pinggir pinggir sawah.

Danki Satgas TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel Kapten Inf Rudi Saragih mengharapkan dengan adanya Program RTLH TMMD/N ke 103 Kodim 0311/Pessel, Mak Upiak Anyam mempunyai rumah yang layak huni dan sehat untuk di tempati.

Kapten Inf Rudi Saragih juga mengajak partisipasi masyarakat dalam kegiatan TMMD/N melalui kegiatan gotong royong.

“Untuk renovasi rumah tidak layak huni, kita sangat berharap partisipasi masyarakat dalam bergotong royong. Semakin banyak masyarakat yang ikut ambil bagian, semakin cepat penuntasannya,” jelasnya.

Peran masyarakat sangat menentukan kesuksesan TMMD/N Sehingga dibutuhkan peran wali kampung, wali Nagaru maupun perangkat Nagari mengajak warganya untuk berpartisipasi kegiatan TMMD ke 103 Kodim 0311/Pessel.

(Putri Caprita)

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.