Satgas TMMDKe-111 Kodim 1207/Pontianak Hidupkan Kembali Posyandu Lansia Dimasa Pandemi Covid-19

  • Bagikan

Kubu Raya – Dimasa pandemi covid-19 salah satu golongan masyarakat yang layak mendapatkan perhatian lebih adalah golongan lanjut usia, untuk tim kesehatan Kesdam XII/Tanjugpura yang tergabung dalam satgas TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak bekerja sama dengan Puskesmas Kuala Mandor B di Dusun Segedong, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Senin (21/06/2021).

Sertu Bardianta salah satu tim kesehatan yang tergabung dalam satgas TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak mengatakan, “Data kasus covid-19 saat ini meningkat tercatat sudah ada 116 orang meninggal dunia akibat terpapar covid-19. Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 saat ini sebanyak 12.050 orang dan jumlah pasien meninggal didominasi golongan lansia” ucapnya.

“Pertambahan usia menyebabkan imunitas tubuh lansia cenderung ikut melemah sehingga semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis untuk mendukung kesehatan lansia kami bersama Puskesmas Kuala Mandor B gelar posyandu lansia ini namun bukan hanya lansia yang kami layani tetapi sasarannya adalah usia 30 tahun keatas” ujarnya.

Baca Juga :  Sikap Saling Membantu Satu Sama Lain Ditunjukkan Satgas TMMD Kodim Sarmi

“Dimasa pandemi, posyandu lansia memang banyak mengalami hambatan. Sejak kebijakan pemberlakuan PPKM mikro, sejumlah posyandu lansia harus berhenti beroperasi. Namun, mengingat lansia adalah golongan rentan, menghidupkan kembali posyandu ini menjadi salah satu alternatif untuk turut menekan penularan covid-19 pada golongan lansia” pungkasnya.

Ditempat yang sama, pemegang program posyandu lansia dan posbindu PTM Puskesmas Kuala Mandor B bapak Januar, A.Md., Kep., mengatakan, “Secara garis besar, posyandu lansia bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan” ucapnya.

“Bentuk pelayanan posyandu lansia, antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan dasar, fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Selain itu kami juga melakukan penyuluhan atau konseling kesehatan, karena dalam situasi pandemi, keberadaan posyandu lansia menjadi salah satu cara memonitor kesehatan lansia, apalagi bagi mereka yang tinggal perdesaan” tuturnya.
(Pendim 1207/Pontianak)

Baca Juga :  DPD RI : Pemerintah Pusat Harus Tingkatkan Koordinasi dengan Pemda
  • Bagikan