Sepekan, Kematian Akibat Corona di Papua Naik 350 Persen

Jakarta – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  telah mencatat bahwa Papua mengalami peningkatan kasus kematian terkait Virua Corona sebesar 350 persen secara mingguan dalam periode 26 Oktober – 1 Oktober.

Temuan itu sekaligus menjadikan Papua sebagai provinsi teratas dalam hal peningkatan kasus kematian dari 13 provinsi yang saat ini dijadikan prioritas penanganan Covid-19 oleh pemerintah.

Satgas merinci, 13 provinsi itu yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Papua, Bali, Aceh. Selain itu, ada tiga provinsi prioritas tambahan, yakni Sumatera Barat, Riau, dan Kalimantan Timur.

“Untuk Papua jumlah kasus positifnya mengalami kenaikan 8,2 persen dari pekan sebelumnya sedangkan jumlah kematiannya mengalami kenaikan sampai 350 persen dari pekan sebelumnya. Ini angka yang cukup mengkhawatirkan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (5/11).

Selain Papua, masih ada lima provinsi prioritas yang mengalami kenaikan kasus kematian signifikan akibat Covid-19. Yakni, Sulawesi Selatan yang naik 120 persen, Kalimantan Timur naik 27,3 persen, dan Sumatera Utara naik 17,6 persen, Aceh naik 5,6 persen, dan Sumatera Barat naik 2,7 persen.

Menyoroti hal itu, Wiku meminta keenam pemerintah provinsi-provinsi tersebut serius dalam memberikan penanganan pada pasien Covid-19. Selain itu, ia meminta kepada masyarakat agar tak sungkan berobat ke Rumah Sakit bilamana merasa memiliki gejala yang mengarah ke covid-19 agar dapat diberikan penanganan sedini mungkin.

“Mohon untuk seluruh pemerintah daerah agar memastikan kualitas terbaik dalam penanganan pasien covid-19, termasuk menangani pasien sejak dini utamanya pada kasus dengan gejala sedang dan berat sehingga dapat meningkatkan potensi kesembuhan dan meminimalisir potensi kematian,” jelasnya.

Selain peningkatan kasus kematian, Satgas juga mencatat terjadinya peningkatan kasus penambahan pasien Covid-19 di tiga Provinsi dari 13 provinsi prioritas selama sepekan terakhir ini.

Tercatat, Papua menduduki peringkat pertama dengan penambahan kasus positif sebanyak 8,2 persen. Kedua, Sumatera Barat dengan kenaikan 7,8 persen, kemudian ketiga Sumatera Utara dengan kenaikan 2,9 persen.

Terakhir, Wiku kembali mengingatkan agar masyarakat selalu patuh terhadap protokol kesehatan yang meliputi 3M yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Wiku juga meminta pemerintah daerah untuk menyiagakan fasilitas kesehatan secara optimal.

“Dimohon kepada seluruh provinsi untuk dapat terus mempertahankan, bahkan meningkatkan kesembuhan hingga 100 persen. Bagi provinsi yang masih menunjukkan tren penurunan kesembuhan, mohon benar-benar ditingkatkan pelayanan kesehatannya,” pungkasnya.

 

 

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...