Sepuluh Unit Rumah di Kawasan Gor H Agus Salim Dilalap Sijago Merah

  • Bagikan
Foto : internet

Padang – Telah terjadi kebakaran yang mengakibatkan sepuluh unit rumah di kawasan Gor H. Agus Salim, Jalan Siak, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang hangus terbakar sekitar pukul 01.20 WIB pada Jumat, 8 Januari 2021.

Kabid Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril, mengatakan pihaknya mendapat informasi kebakaran tersebut dari warga sekitar pukul 01.20 WIB dan menurunkan sebanyak sepuluh unit mobil kebakaran ke lokasi.

“Kami dapat informasi sekitar pukul 01.20 WIB, untuk proses pemadaman kita menurunkan sebanyak sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dari berbagai pos yang ada di kota Padang,” ungkap Basril di lokasi kejadian.

Ia menambahkan, sepuluh unit rumah tersebut merupakan rumah permanen dan semi permanen yang berada di lingkungan padat penduduk

“Keadaan rumah di sini saling berdekatan, selain itu angin lumayan kencang. Hal itu menyebabkan api menjalar cepat ke rumah-rumah yang berada di lokasi kejadian, untuk itu kita lakukan pemadaman dengan sistem isolasi, melihat api yang cukup besar perkiraan pemadaman akan berlangsung hingga pukul 03.00 WIB,” tambahnya.

Basril mengungkapkan, selain mobil damkar pihaknya juga menurunkan mobil water supply dalam proses pemadaman api di lokasi tersebut.

“Untuk kawasan ini (daerah Purus) kita tidak bisa mengkonsumsi air di banjir kanal karena kadar air payau, untuk itu kita juga menurunkan water supply 10 kubik dan 16 kubik, mengingat sumber air lain yang jauh dari lokasi” imbuhnya.

Ia mengatakan lebih lanjut, dalam proses awal jaringan listrik masih hidup, sehingga pihaknya berusaha menghubungi petugas PLN untuk mematikan trafo di lokasi kejadian.

“Alhamdulillah, aliran listrik sudah dimatikan, awalnya masih hidup, ini sangat berisiko terhadap petugas Damkar maupun warga, apalagi warga terlihat memadati lokasi kejadian, kami juga berusaha membubarkan kerumunan karena selain menghambat proses pemadaman juga sangat beresiko terpapar Covid-19,” tuturnya.

Dari informasi ini diterbitkan tidak ada koban jiwa dalam peristiwa tersebut, untuk kerugian materi, jumlah KK dan penyebab kebakaran akan diserahkan ke pihak penyidik.

  • Bagikan