Survei Capres LSI : Anies Bayangi Prabowo di Sumbar

Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta
Anies Baswedan usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Foto : Tempo

Padang – Elektabilitas Anies Baswedan mulai membayangi Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres) pilihan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) pada Pilpres 2024.

Dalam survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini, Prabowo tetap menjadi pemuncak sebagai Capres pilihan masyarakat Sumbar dengan keterpilihan 41 persen. Namun, posisi Anies membayangi Prabowo di urutan kedua dengan keterpilihan 34,8 persen.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menerangkan, survei digelar dalam 24 Februari hingga 3 Maret 2022.

Adapun populasi survei merupakan masyarakat berstatus WNI di Sumbar yang memiliki hak pilih, mulai berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika saat survei dilakukan.

Dia mengatakan, untuk sampel sebanyak 820 orang dengan metode multistage dan margin of error ± 3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi random sampling.

Sampel berasal dari seluruh 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar yang terdistribusi secara proporsional.

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20 % dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti,” kata Djayadi dalam keterangan pers yang diterima, Senin (14/3).

Prabowo dan Anies Teratas…