Tamu Pesta Positif Covid-19, Keluarga dan Tetangga di Swab, Puskesmas Tutup

Agam – Seorang warga Solok berinisial ALA mendapat hasil positif pada tes swab yang hasilnya keluar pada Jumat, 28 Agustus 2020. Sebelumnya diketahui, ALA menginap selama seminggu di lokasi pesta yang dihadirinya, di Nagari Ampek Koto Palembayan, Kabupaten Agam.

Camat Palembayan, Ridwan, menerangkan bahwa pasien tersebut telah berada di Palembayan sejak Kamis, 20 Agustus 2020 dan sempat kembali ke daerahnya di  Jorong Lakuak, Nagari Tanjung Bingkuang, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok pada Kamis, 27 Agustus 2020.

“Pasien merasa kurang enak badan hari Selasa, 25 Agustus 2020, lalu dibawa ke puskesmas untuk berobat dan langsung diswab. Esoknya, sampel swab diantar ke Laboratorium RS Unand dan Kamis ALA pulang ke Kabupaten Solok. Jumat siang tadi hasil swab keluar yang dinyatakan positif Covid-19,” ujar Ridwan.

Tenaga medis yang melakukan kontak dengan yang bersangkutan di Puskesmas Palembayan pun langsung menjalani tes swab, dan mengharuskan puskesmas berhenti menerima layanan untuk sementara, sampai hasil swab keluar.

Begitu pula dengan penyelenggara pesta yang ikut berkontak dengan pasien, akan ikut di swab.

“Sesuai tracing yang dilakukan, sore ini kita akan melakukan swab test massal terhadap ‘si pangka alek’ atau tuan rumah pesta dan warga sekitarnya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambah Camat.

Selain itu, pihaknya juga disebut akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Palupuah untuk melakukan swab. Karena mempelai pria berasal dari kecamatan itu, bahkan juga staf di kantor camat diharapkan juga ikut di swab.

“Kita berharap pihak kecamatan melakukan swab test terhadap mempelai pria, untuk memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya,

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...