Tiba di Sumbar, Obor Asian Games Disambut dengan Tari Galombang

PADANG, KABARSUMBAR – Bertolak dari Pekanbaru, kirab api obor (torch relay) Asian Games 2018 akhirnya sampai di Sumatera Barat (Sumbar).

Api abadi tersebut mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (2/8) siang pukul 12.10 WIB.

Momen kedatangan api bersumber dari India dan Mrapen Purwodadi, Jawa Tengah itu, diterima Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho saat turun dari pesawat Hercules.

Penyambutan api obor Asian Games di Sumbar juga diiringi dengan atraksi tari galombang.

Api yang diterima Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho kemudian diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

Dalam rombongan yang menunggu juga ada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (menristekdikti) Mohamad Nasir beserta unsur forkopimda lainnya.

Selanjutnya api obor Asian Games dibawa ke Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perhelatan kirab Asian Games di Sumbar.

“Akan dibawa lari oleh saya, Pak Walikota, Pak Kapolda, dan Pak Menristek,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, kepada wartawan di BIM.

Nasrul Abit mengatakan, di Bukittinggi nanti api obor Asian Games juga akan diarak hingga memasuki obyek wisata lobang Jepang.

Menurutnya, saat api masuk ke lobang Jepang ini menjadi ikon dalam perhelatan torch relay di Sumbar.

Seperti diketahui, torch relay Asian Games di Bukittinggi melawati 21 estape.

Selain itu, meski pusat perlaksanaan dilakukan di Kota Bukittinggi, beberapa Kota dan Kabupaten lain di Sumbar turut mendukung perhelatan torch relay.

Di antaranya Kota Padang, Padang Panjang, Sawahlunto, Payakumbuh, serta Kabupaten 50 Kota dan Padang Pariaman.

Bentuk dukungan yang diberikan tersebut seperti menampilkan beberapa kesenian tradisional khas dari masing-masing daerah pendukung.

[Putri Caprita]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...