Tidak Banyak yang Tahu! Ini Kuliner Khas Nagari Pakandangan

Foto: Utusan TV

KABARSUMBARPadang Pariaman, sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Di antara semua keunikan yang ditawarkannya, Nagari Pakandangan di kecamatan Enam Lingkung menjadi tempat yang menyimpan rahasia kuliner yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut adalah beberapa kuliner khas yang patut dicoba ketika Anda berkunjung ke sini:

1. Sambalado Asam Durian

12 resep sambalado asam durian enak dan mudah - Cookpad

Saat musim durian tiba, warga Nagari Pakandangan tidak melewatkan kesempatan untuk menyajikan Sambalado Asam Durian. Kuliner ini tidak hanya unik tetapi juga sulit ditemui di tempat lain di Indonesia. Rasa pedas, asam, dan manisnya yang khas dari durian segar membuatnya menjadi sajian yang selalu dinantikan. Disajikan dengan lalapan seperti daun singkong rebus, terong rebus, atau pare rebus, Sambalado Asam Durian adalah bukti nyata kecintaan akan cita rasa Minang.

2. Gulai Pisang

COC Regional : Makanan Tradisional ] Gulai Pisang Bengkulu Unik dan Ngangenin | KASKUS

Di Nagari Pakandangan, pisang bukan hanya dijadikan sebagai buah manis atau minuman. Gulai Pisang adalah salah satu kuliner unik yang mengubah pisang menjadi hidangan utama. Dengan bumbu gulai yang khas, kuliner ini menghadirkan sensasi baru dalam mencicipi pisang. Dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti santan dan rempah-rempah, Gulai Pisang menjadi bukti kreativitas kuliner di daerah ini.

3. Lapek Barujui

Membuat Lapek Barajuik
Foto : Youtube

Lapek Barujui atau dikenal juga sebagai Lapek Pocong, adalah kue tradisional yang dibungkus menggunakan daun pisang dan diikat dengan tali dari serat batang pisang. Diisi dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula aren, kue ini memiliki rasa manis yang menggoda dan tekstur yang lembut. Proses pembuatannya yang masih menggunakan tungku api tradisional menjaga aroma dan cita rasanya tetap autentik.

Kekayaan Kuliner Padang Pariaman

Padang Pariaman, dengan moto “Saiyo Sakato” yang berarti “Milik Kita Bersama”, tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya tetapi juga kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Dari bumbu rempah yang melimpah hingga proses memasak yang unik dan lama, setiap hidangan dari daerah ini membawa cerita dan warisan budaya yang berharga.

Jika Anda mencari pengalaman kuliner yang berbeda dan autentik di Sumatera Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keunikan kuliner Nagari Pakandangan di Padang Pariaman. Setiap gigitan adalah perjalanan sensorik yang membawa Anda lebih dekat dengan kekayaan dan kearifan lokal yang melekat dalam setiap sajian.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.