Tim Penilai Tinarbuka 2023 Lakukan Visitasi di Sekretariat DPRD Sumatera Barat

Foto: Internet

Padang – Tim Penilai Tinarbuka 2023, Gede Narayana dari KI Pusat dan Ayu Riskia dari Kementerian Dalam Negeri, melakukan kunjungan ke Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk melakukan visitasi dan memeriksa fakta-fakta inovasi setelah Sekretariat DPRD tersebut berhasil lolos dalam tahapan penilaian uji kepatutan Anugerah TinarBuka 2023 pekan lalu.

Tahapan terakhir penilaian terhadap Sekretariat DPRD ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy. Wagub hadir sebagai bentuk perhatian dan dukungan semangat, mendampingi Sekretaris DPRD dan jajarannya yang sedang menjalani penilaian.

Dalam kesempatan itu, Tim Visitasi KI Pusat yang dipimpin oleh Gede Narayana menyampaikan bahwa visitasi dilakukan setelah Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat dinyatakan lolos dalam tahap penilaian uji kepatutan sebelumnya. Visitasi merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian penilaian yang harus dilalui oleh nominator untuk mendapatkan pemeringkatan dalam Anugerah Tinarbuka 2023.

Gede Narayana mengatakan, pada tahap sebelumnya, Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat berhasil mempresentasikan inovasinya sehingga dinyatakan lolos uji kepatutan.

“Hari ini merupakan tahap akhir yang harus dilalui, yaitu visitasi untuk memeriksa fakta-fakta mengenai inovasi keterbukaan informasi publik yang telah disampaikan dalam presentasi,” ucapnya

Ayu Riskia, Tim Penilai dari Kemendagri, menambahkan bahwa prinsip dari Anugerah Tinarbuka adalah menilai individu yang merupakan pimpinan dari OPD atau badan publik, terkait inovasi yang dilakukan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

“Apa saja yang telah dilakukan, media atau instrumen apa yang disediakan atau diadakan untuk mengimplementasikan keterbukaan, sejauh mana masyarakat mendapat kemudahan dalam hal pelayanan informasi yang disediakan, termasuk juga tingkat keaktifan masyarakat terhadap fasilitas akses layanan,” terangnya.

Selama kunjungan tersebut, Tim Visitasi Anugerah Tinarbuka 2023 meninjau beberapa inovasi layanan informasi publik di Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat. Mereka melihat fasilitas ruang seperti layanan penerimaan permintaan informasi dan standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan. Mereka juga mengevaluasi fasilitas Pojok Baca Digital (POCADI), layanan digital melalui aplikasi dan website, serta hal lainnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.