TPID Kota Padang Bertekad Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran

  • Bagikan
Foto : Internet

Padang – Menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Padang bertekad untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stok dan keterjangkauan harga pangan.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Amasrul mengatakan pengendalian inflasi hal penting, oleh karna itu kita harus berupaya menjaga harga agar tetap terkendali.

“Pengendalian inflasi merupakan hal penting, karena jika tidak terkendali maka akan berdampak pada ketimpangan ekonomi secara umum, untuk itu kami berupaya menjaga harga agar tetap terkendali,” kata Sekda Kota Padang Amasrul.

Menurutnya ada beberapa hal yang menjadi perhatian agar harga barang kebutuhan pangan strategis tidak merangkak naik diantaranya mencegah spekulan atau penimbunan barang hingga tidak terpancing isu tentang kelangkaan barang.

Ia menyarankan kepada masyarakat untuk memperbanyak ibadah dan berbelanja sesuai kebutuhan bukan kemauan.

“Pada Ramadan ini kita dianjurkan memperbanyak beribadah ke masjid bukan ke pasar, banyak berbagi dan jangan bertindak mubazir,” katanya.

Ia menyampaikan saat ini ketersediaan bahan pangan strategis mulai dari beras, terigu, minyak goreng, cabai, gula dan lainnya mencukupi dan harganya terkendali.

“Alhamdulillah, dari data yang didapatkan angka inflasi di Padang pada Januari 2021 0,12 persen, Februari 2021 deflasi 0,38 persen dan Maret 2021 0,31 persen,” paparnya.

Sebelumnya Bank Indonesia perwakilan Sumbar memaparkan Inflasi Sumatera Barat pada 2020 tercatat sebesar 2,11 persen meningkat dibandingkan 2019 sebesar 1,67 persen .

“Realisasi inflasi Sumatera Barat 2020 lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi inflasi nasional yang sebesar 1,68 persen,” kata Kepala BI perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama.

Ia menyampaikan peningkatan inflasi 2020 didorong oleh inflasi kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Ia berharap TPID Kota Padang beserta OPD terkait dan pemangku kepentingan saling bersinergi dalam menjaga inflasi di Kota Padang khususnya selama Ramadan hingga menuju Lebaran.

  • Bagikan