Tukar Uang Lebaran ? Ini Jadwalnya di Sumatera Barat

Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet
Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar layanan penukaran uang pada sejumlah titik. Penukaran uang ini dilakukan bersama bank umum dan kas keliling yang ada di Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Puji Atmoko menyebutkan, untuk bank umum di Kota Padang, penukaran uang digelar setiap hari dari pukul 08.30 hingga 13.00 WIB, kecuali pada Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Untuk kas keliling bersama dalam Kota Padang digelar di Taman Melati, Jembatan Siti Nurbaya, Ampang Kalau dan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dari 5 hingga 20 Juni, mulai Senin hingga Kamis. Waktunya, dari pukul 13.00 hingga 15.30 WIB,” ujarnya di Padang, beberapa waktu lalu.

Sedangkan, untuk luar Kota Padang, disebut Puji akan digelar di Alun-alun Kota Solok dan Alun-Alun Kota Pariaman pada Sabtu, 10 Juni 2017 dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

“Kemudian, untuk pelataran Jam Gadang Bukittinggi dan halaman Kantor Bupati Lama Kota Payakumbuh pada Sabtu, 17 Juni 2017 dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB,” jelasnya.

Dilanjutkan Puji, jika BI Perwakilan Sumbar juga melaksanakan penukaran layanan kas keliling diluar Kota Padang sebanyak dua kali. Dimana diadakan di Kabupaten Pesisir Selatan pada 13 hingga 15 Juni 2017 dan Kabupaten Dharmasraya tanggal 19 hingga 21 Juni 2017.

Selain itu, Puji mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menukarkan uang di tempat yang resmi seperti BI, bank umum, dan tidak melakukan penukaran uang di pinggir jalan atau tempat yang tidak resmi. Selain terkena biaya, risiko jumlah lembarnya berkurang serta dimungkinkan diselipkan uang palsu.

BI juga mengimbau agar bank umum untuk tetap menjaga ketersediaan uang tunai di seluruh ATM, khususnya selama libur bersama Lebaran 2017.

“Kepada masyarakat agar lebih waspada, selalu cermat dan teliti dalam menerima uang guna mengantisipasi beredarnya uang palsu,” pungkasnya.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...