Tukar Uang Pecahan Baru di Bukittinggi

Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet
Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet
Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet
Ilustrasi penukaran uang. Foto : Internet

BUKITTINGGI, KABARSUMBAR-Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar). Masyarakat di Kota Payakumbuh dan Bukittingi sudah dapat melakukan penukaran uang, Sabtu (2/6/2018).

Kantor perwakilan BI Sumbar menyediakan uang pecahan baru sebesar Rp 4,1 miliar, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar Endy Dwi Tjahjono. Nominal yang bisa ditukarkan diantaranya uang dengan nominal Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000.

“Kita batasi juga yaa, dimana hanya dapat menukar dengan dua pack atau ikat uang yang ditukarkan,” kata Endy Dwi Tjahjono.

Selain dua kota itu, Kota Solok dan Kota Pariaman akan melaksanakan hal yang sama, yakni dibuka tanggal 9 Juni mendatang. Pasokan uang baru di 2018 meningkat 11 persen dari 2017. Endu menegaskan, Bank Indonesia mengingatkan serta mengimbau masyarakat Indonesia khususnya Sumbar untuk tidak melaksanakan transaksi penukaran uang di jalan.

“Nilai tukarnya tidak sama, bahkan beresiko peredaran uang palsu,” katanya.

Terkait hal ini BI bekerja sama dengan sejumlah Bank BPR se-Sumbar. Penukaran uang oleh BI dilakukan dengan lima outlet bank yakni bank BRI, Mandiri, BCA, BNI dan Bank Nagari, dimana penukaran uang akan berlangsung hingga pukul 13.00 Wib.

[lidairak]