Uda Uni Pessel Kembali Digelar Tahun 2021, Ini Dia Persyaratannya

  • Bagikan
Foto : Ajang Pemilihan Uda Uni Pessel kembali digelar tahun ini.

Pesisir Selatan – Ajang pemilihan Uda Uni Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pessel tahun ini. Pendaftaran dimulai dari tanggal 15 Februari bertempat di kantor Dispora Pessel.

Hadi Susilo selaku Kadispora Kabupaten Pessel mengajak anak-anak muda untuk mengikuti ajang ini. Ia menuturkan ajang ini adalah ajang yang memberikan dampak positif bagi kalangan anak-anak muda.

“Ayo ikuti dan daftarkan, karena ini cukup positif bagi kalangan remaja,” tuturnya pada 18 Februari 2021.

Dikutip dari situs Pemkab Pessel pada Minggu 21 Februari 2021, Dispora Pessel menyiapkan hadiah sebesar Rp.30 juta untuk pemenang. Persyaratan bagi yang ingin mendaftar antara lain KTP domisi Pesisir Selatan, ijazah SMA/sederajat, berusia minimal 19 tahun dan maksimal 24 tahun, serta mempunyai tinggi badan minimal 165 cm.

Hadi Susilo menegaskan peserta yang mendaftar apabila nantinya memenangi ajang ini, maka akan dikirim ke tingkat provinsi mewakili Kabupaten Pesisir Selatan.

“Ini positif bagi para peserta untuk menambah wawasan, pengetahuan serta pengalaman. Karena nantinya para pemenang Uda – Uni Pessel tahun 2021 akan mewakili Kabupaten Pessel ketingkat Provinsi, ” tegasnya.

Ia juga mengharapkan dukungan pihak-pihak terkait terutama orangtua, untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada anaknya untuk mengikuti Uda Uni Pessel tahun ini.

Peran uda uni tidak hanya terbatas untuk mempromosikan pariwisata daerah, namun juga sebagai insan kreatif dan inovatif dalam pengembangan wisata dan budaya. Selain itu uda uni dapat memberikan masukan kepada pemda terkait tentang program wisata di daerah.

“Tidak hanya mempromosikan, namun juga bisa menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengembangan wisata,” tambahnya.

Terakhir ia juga menambahkan Uda Uni dituntut menguasai budaya lokal agar mereka bisa mempromosikan budaya itu.

“Kedepannya seorang duta juga harus menguasai budaya daerahnya, termasuk mempromosikannya. Artinya melalui prinsip tersebut seorang duta dapat mengidentifikasi kemudian mengenalkan kebudayaan seperti kesenian ke dunia.Misalnya mengenalkan kesenian,budaya dan lainnya ,” pungkasnya.

  • Bagikan