Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun Ini Digelar Secara Virtual

Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diadakan pada Senin, 1 Juni 2020 bertempat di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan.

Kegiatan tersebut dihadiri secara virtual oleh sejumlah Menteri, kepala pemerintahan daerah, serta berbagai pimpinan lembaga negara.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut didahului dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, diikuti pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Presiden Joko Widodo kemudian menyampaikan amanat dan dilanjutkan oleh sambutan dari Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Salah satu peserta upacara yang hadir dari tempat berbeda adalah Nono Sampono, wakil ketua DPD RI. Nono mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pendiri bangsa, serta harapannya terhadap generasi yang bertanggungjawab atas pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan  bermasyarakat.

Dalam paparannya kepada media, Nono juga menyampaikan ajakannya pada para tokoh masyarakat, ulama, aparat pemerintahan dan pertahanan, serta seluruh lapisan masyarakat, untuk ikut serta mengamalkan semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Serta, untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup sebagai warga negara dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi terkait keutuhan Bangsa Indonesia, termasuk salah satunya yaitu masalah pandemi yang terjadi saat ini.

“Pancasila sebagai ideologi dan pedoman hidup, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia dalam melawan Pandemi COVID-19 dengan semangat gotong royong,” pungkas Nono.

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...