UPI YPTK Padang Bantu Anak Yatim dan Fakir Miskin

  • Bagikan
Foto : Penyerahan bantuan dari Keluarga besar Yayasan Perguruan Tinggi Komputer UPI melalui Baznas Kota Padang

Padang – Keluarga besar Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang, bekerjasama dengan Baznas Kota Padang untuk menyalurkan bantuan dan zakat bernilai besar. Yaitunya dengan total sebesar Rp1.020.000.000 (satu miliar lebih dua puluh juta).

Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkapkan rasa syukurnya yang tak terkira atas pihak-pihak yang baik dan peduli di kota yang ia pimpin.

Bantuan dan zakat tersebut terbagi atas pemberian zakat kepada Baznas Kota Padang sebesar Rp600 juta. Kemudian penyerahan infak anak yatim dari jemaah Masjid Rahmatan Lil Alamin melalui Baznas Kota Padang sebesar Rp270 juta serta infak fakir miskin sebesar Rp150 juta.

Penyerahannya pun dilakukan secara simbolis di Exibithion Hall Kampus UPI-YPTK Padang, Rabu 5 Mai 2021. Selain dihadiri Wali Kota Padang hadir dikesempatan itu Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso.

Selanjutnya dari keluarga besar UPI YPTK diantaranya Ketua Yayasan YPTK Padang Dr. Zerni Melmusi, Rektor UPI-YPTK Padang Sarjon Defit,  beserta Wakil Rektor IV Dr. Muhammad Ridwan, dan Bendahara UPI-YPTK Padang Sitti Rizki Mulyani.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang kita tentu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar UPI-YPTK Padang yang telah memberikan infak, sedekah dan juga wakafnya melalui Baznas Kota Padang kali ini. Hal ini sungguh luar biasa, apalagi di tengah suasana pandemi Covid-19, keluarga besar UPI-YPTK mau memperhatikan saudara-saudara kita yang membutuhkan. Hal ini membantu tugas pemerintah tentunya,” sebut Hendri mengapresiasi.

Baca Juga :  Pemkab Solok Sosialisasikan Program BPNT

Wali kota muda itu juga berharap hal mulia yang dilakukan keluarga besar UPI-YPTK itu mampu menjadi pendorong kepada pihak-pihak lainnya untuk dapat melakukan hal serupa.

“Sehingga dengan itu semoga semua warga masyarakat di Kota Padang ini bisa hidup madani dan sejahtera. Karena telah banyak yang saling membantu,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso menyebutkan, untuk kali ini dari total jumlah zakat yang telah disalurkan keluarga besar UPI-YPTK kepada Baznas Kota Padang ada tiga item.

Pertama sebutnya, yaitu program berbagi fakir miskin untuk seribu penerima dengan masing-masingnya menerima uang Rp150 ribu dengan total Rp150 juta. Lalu kedua santunan bagi anak yatim yang diutamakan tinggal di kawasan seputaran Kampus UPI-YPTK Padang senilai Rp270 juta.

Baca Juga :  Wagub Sumbar Resmikan Puri Berlindo Sebagai Kawasan Percontohan Aman COVID-19

Selanjutnya yang ketiga adalah penyerahan zakat Kampus UPI-YPTK dengan total sebesar Rp600 juta dengan rincian Rp50 juta dialokasikan untuk bantuan bedah rumah sebanyak 2 (dua) unit rumah yang ada di Kelurahan Lubuak Bagaluang.

“Kemudian 200 juta disalurkan bagi fakir miskin di sekitaran Kampus UPI-YPTK dan Rp350 juta lagi akan disalurkan setelah Lebaran 1442 H untuk peningkatan ekonomi produktif bagi beberapa keluarga fakir miskin di wilayah Kecamatan Lubuak Bagaluang,” terangnya.

Epi pun turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar UPI-YPTK Padang yang telah memberikan dukungan kerjasama dengan Baznas Kota Padang sampai saat ini.

“Alhamdulillah, UPI-YPTK Padang dan Baznas Kota Padang sudah lama bekerjasama. Bukan hanya dalam penyaluran zakat tapi juga dalam program bedah rumah warga tak layak huni,” ungkapnya mengapresiasi.

Pada saat yang sama Ketua Yayasan YPTK Padang Zerni Melmusi,  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya penyaluran bantuan zakat tersebut.

“Dalam hal ini kita didukung Baznas Kota Padang dan juga dari Pemko Padang. Insya Allah semoga memberikan manfaat dan kebahagian bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harapnya

  • Bagikan