Wako Buka Rakerda IX TP. PKK Kota Solok

  • Bagikan

Solok Kota – Bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Jumat 9 April 2021, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX Tim Penggerak PKK Kota Solok Tahun 2021. Mengusung tema “Dengan Kemitraan dan Sinergitas Menjadi Kunci Dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera”.

Turut hadir Tim Pembina Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Solok, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota TP. PKK Kota Solok, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan/ Kelurahan beserta Pengurus se-Kota Solok, serta OPD terkait.

Wako Zul Elfian Umar pada kesempatan ini, menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada jajaran PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan, atas pengabdian serta upaya yang telah dilakukan selama ini dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup dan penghidupan keluarga-keluarga yang berada di Kota Solok.

“InsyaAllah forum ini menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran, terutama dalam rangka mengembangkan peran PKK sebagai salah satu komponen pendukung pembangunan. Hal ini penting karena PKK telah berperan sebagai mitra strategis pemerintah khususnya terkait pemberdayaan potensi masyarakat berbasis keluarga. Lahirnya gerakan PKK bisa disebut sebagai jawaban terhadap kebutuhan organisasi pemberdayaan masyarakat menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju, mandiri dan terpenuhi semua kebutuhannya secara optimal” sebut Wako.

Rapat Konsultasi TP-PKK Kota Solok Tahun 2021 keluarga-keluarga sejahtera ini melihat dan mencermati potensi gerakan PKK, dalam momentum rapat konsultasi/ rakerda dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, ada beberapa hal yang menjadi harapan besar untuk TP PKK Kota Solok. Harapan-harapan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Perkuat manajemen kelembagaan PKK dengan tenaga yang memiliki kemampuan Informasi dan Teknologi.
2. Kembangkan jaringan kemitraan yang bersinergi dengan OPD dan lembaga kemasyarakatan lainnya, agar program dan kegiatan PKK selalu sejalan dengan program dan kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah.
3. Tingkatkan SDM dan kemampuan jajaran TP. PKK agar memiliki perspektif yang jauh ke depan serta memiliki inovasi yang tinggi dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.
4. Segenap jajaran PKK dapat memahami aspirasi kebutuhan dan masalah yang dihadapi masyarakat.
5. Dengan berakhirnya kepengurusan TP. PKK Kota Solok periode 2016-2021, maka sudah saatnya membentuk kepengurusan yang baru, dengan anggota yang mau bekerja, memiliki waktu untuk bekerja secara ikhlas membangun masyarakat yang maju sejahtera.

Wako berharap Rakon PKK tahun ini menjadi momen kebangkitan PKK dalam menggali potensi stakeholders agar secara bersama-sama membantu memberdayakan potensi masyarakat melalui keluarga.

“Saya yakin prestasi PKK selama ini tidak terlepas dari kemampuan menjaga dan memelihara kepercayaan yang telah diberikan masyarakat dan pemerintah, yang mudah-mudahan saja akan terus menguat dan menghasilkan output yang membanggakan. Selamat melaksanakan Rakon, semoga forum ini menambah karya nyata PKK dalam mendorong kualitas dan kuantitas keluarga-keluarga sejahtera” tutup Wako.

 

  • Bagikan