Wako Solok Hadiri Buka Bersama Ikatan Warga Saniangbaka

Solok Kota – Bertempat di Jl.By Pass Kota Solok, Senin (10/4/23), Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menghadiri kegiatan Latur (Buka Puasa Bersama) dengan keluarga besar Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) Kota Solok.
Latur merupakan tradisi buka puasa bersama warga Nagari Saniangbaka yang sengaja dicari waktu 10 hari terakhir Bulan Ramadan dengan harapan bisa bertepatan dengan malam Lailatul Qadar yang merupakan asal mula nama Latur, diambil dari kata Lailatul.
Kegiatan Latur diawali dengan pembantaian Sapi yang kemudian dimasak dalam Kancah (Kuali Besar) bersama Cubadak (Nangka) dan Rebung Bambu yang nantinya disebut Gulai Cubadak.
Kegiatan Latur ini secara rutin dilakukan oleh masyarakat Nagari Saniangbaka. Yang menjadi khas dalam tradisi ini adalah makan bersama dalam ‘Dulang’ atau sejenis piring besar. Dulang tersebut diisi nasi putih dan gulai cubadak kemudian dimakan oleh 3 sampai 4 orang dalam satu dulang. Yang ikut Latur juga tidak dibatasi orangnya, namun mayoritas adalah kaum Laki-Laki.
Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada tuan rumah dan para donatur yang telah melaksanakan kegiatan Latur kali ini.
Semoga kegiatan ini akan semakin mempererat silaturrahmi serta hubungan baik antara seluruh warga Ikatan Warga Saniangbaka (IWS) dimanapun berada, khususnya yang ikut hadir pada kesempatan ini serta meningkatkan silaturrahmi kepada kita semua warga Kota Solok.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.