Walikota Solok Ajak Warga Gemar Makan Ikan

Solok Kota – Bertempat di balairung 99 Rumah Dinas Walikota Solok, Selasa 15 Oktober 2019, Pemerintah Kota Solok memperingati Hari Makan Ikan tahun 2019.

Peringatan tersebut dimeriahkan dengan lomba memasak berbagai ikan dan lomba jingle Gemar Ikan tingkat SMA atau sederajat se-Kota Solok.

Peringatan Hari Makan Ikan menjadi sebuah momentum bagi Bangsa dan Negara Indonesia untuk mengingat dan kembali melihat kelautan dan perikanan sebagai tumpuan dan harapan pembangunan nasional.

Pada dasarnya peran ikan dalam mewujudkan ketahanan nasional sangatlah luas dan penting. Tema yang diangkat kali ini yaitu “Mari wujudkan generasi berkualitas dengan makan ikan”

Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan.

Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lain nya.

Sesuai dengan tema Hari Makan Ikan tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Solok melalui Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa dalam laporannya sebut memandang serius dan akan senantiasa mendukung terwujudnya hal tersebut.

Hal ini karena, pertama sebagai pendukung terwujudnya ketahanan dan kedaulatan nasional, kedua menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera dan ketiga sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional.

“Sudah berbagai kegiatan sudah kami laksanakan guna wujudkan hal tersebut” ungkapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Forikan Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian mengungkapkan akan berupaya untuk terus mendorong peningkatan produksi, pengembangan pengolahan produk perikanan.

Selain itu juga mengembangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui peningkatan permintaan ikan, penyebarluasan informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikan, merubah budaya dan persepsi yang salah tentang ikan dimasyarakat.

“Saya sangat berharap kepada Ibu-Ibu dirumah selalu memasak ikan untuk anak-anak, karena bisa membuat anak cerdas, maka makanlah ikan!” Ungkapnya.

Disisi lain, Walikota Solok tegas menyebutkan “Mari Makan Ikan!” Didepan seluruh peserta peringatan Hari makan ikan tahun 2019 tersebut.

Wako mengajak “jika bosan dengan lauknya ikan dirumah, Kita bisa kreasikan hasil olahan ikan seperti nungget ikan, bakso ikan, semuanya serba ikan, jadi kita tidak akan merasa bosan, karena menu kudapan yang kita buat beraneka ragam,” ungkap wako.


Fernandez

Loading...
DomaiNesia
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...