Wanda Leksmana Penerima Pin Emas Termuda pada HUT Kota Padang ke-352 

Wali Kota Padang memberikan penghargaan beupa piagam dan pin emas kepada Wanda Leksmana, saat HUT Kota Padang ke-352. Foto : Istimewa

PadangWalikota Padang memberikan penghargaan berupa piagam dan pin emas kepada 10 Tokoh Masyarakat, yang tertuang dalam Keputusan Walikota Padang Nomor 233 Tahun 2021 Tentang Tokoh Masyarakat Dalam Rangka Hari Jadi Kota Padang Ke 352 Tahun 2021.

Pada peringatan hari jadi kota padang ke – 352 Tahun ini, mengusung tema Padang Tangguh Unggul dan Berdaya Saing Membangun Kota.

Salah satu penerima piagam dan pin emas adalah Wanda Leksmana kategori Pemerhati Pemenuhan Hak-hak Anak. Selama Pemerintah Kota Padang memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat, baru tahun ini penerima penghargaan masih usia muda, yakni 27 tahun.

Wanda Leksmana sejak usia masih SMP telah berkecimpung di dunia anak dan memperjuangkan hak-hak anak di Kota Padang hingga Sumatera Barat.

Hak anak untuk partisipasi, melindungi anak dari dampak rokok, aksesibilitas anak berkebutuhan khusus, kampanye perlindungan anak dari bullying, pemenuhan hak anak atas pendidikan, hak anak atas identitas, dan banyak lagi

Konsistensi pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak yang dibangun oleh Wanda dimulai sejak berusia 12 tahun hingga sampai saat ini. Beberapa penghargaan tingkat nasional juga didapatkan Wanda.

Salah satu penghargaannya yaitu dari Unicef bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Tahun 2011 sebagai Tunas Muda Pemimpin Indonesia, yang hanya ada 6 anak di Indonesia. Juga Finalis Satu Indonesia Awards dari Astra Internasional Tahun 2019 Bidang Kesehatan.

Saat ini, Wanda banyak diminta sebagai fasilitator/konsultan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di Sumatera Barat untuk pengembangan kabupaten/Kota layak anak. Serta mendampingi beberapa kegiatan komunitas anak dan sekarang tergabung dalam Yayasan Ruang Anak Dunia.

Wanda mengatakan penghargaan ini didedikasikan untuk semua pihak yang telah mendukung program pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di Kota Padang.

“Saya mengucapkan terima kasih atas nama pribadi dan keluarga besar kepada Pemerintah Kota Padang yang telah memberikan penghargaan kepada saya sebagai tokoh masyarakat bidang pemerhati pemenuhan hak-hak anak,” ucapnya.

Ia juga melanjutkan penghargaan ini sebagai bukti bahwa mewujudkan Kota Padang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing.

“Harus saling bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak termasuk para tokoh masyarakat. Khususnya untuk menjamin hak-hak anak terpenuhi dan terlindungi karena mereka adalah generasi demografi yang akan melanjutkan pembangunan masa depan Kota Padang,” katanya.

Disampaikan juga kepada pemerintah daerah Kota Padang dalam peringatan hari jadi Kota Padang untuk melaunching program vaksinasi bagi anak usia 12 – 17 Tahun sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden RI pada awal Juli Tahun 2021.

“Mengingat situasi pandemi covid-19 yang belum terkendali optimal khususnya bagi anak yang terkena dampak Covid-19. Maka Vaksinasi bagi Anak usia 12-17 Tahun adalah ikhtiar membentuk herd immunity dan menjamin pemenuhan hak kesehatan dasar anak,”ungkapnya.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.