Wawako Resmikan Dimulainya Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok Tahun 2021

  • Bagikan

Solok Kota – Bertempat di Balairung 99 Rumah Dinas Wali Kota Solok, Senin 15 Maret 2021,┬áPemukulan gong oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, menandai dimulainya Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok Tahun 2021 dalam acara pencanangan yang digelar syarat dengan protokol kesehatan.

Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok Tahun 2021 mengangkat tema ‘Melalui Bulan Bakti Daswisma Kita Efektifkan Penerapan Protokol Kesehatan Serta Pemanfaatan Pekarangan Dengan Hatinya PKK Di Dasawisma’.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok Ny.Dona Ramadhani, Ketua DW Kota Solok Ny.Rida Syaiful, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Solok Ardinal, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok Delfianto, Camat se Kota Solok, Kepala Baznas Kota Solok AKBP (Purn) Zaini, beserta beberapa pengurus TP PKK Kota Solok dan Kelompok Dasawisma.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani dalam sambutannya mengatakan, apabila setiap kelompok dasawisma di kelurahan dapat diberdayakan bersama dengan pemerintah, kami meyakini kualitas kehidupan masyarakat dapat meningkat.

Hal ini dikarenakan, program-program yang dilaksanakan oleh kelompok dasawisma betul-betul menyentuh kehidupan masyarakat, serta dapat meminimalisir permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat seperti perceraian, pergaulan bebas dan lain-lainnya.

Dasawisma memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan 10 program pokok PKK di daerah. “Apabila kader dasawisma betul-betul menghayati dan melaksanakan tugas dengan baik, setidaknya mereka dapat membina 10 sampai 20 KK per dasawisma,” sebutnya.

Untuk pelaksanaan sosial kemasyarakatan, agama dan budaya inilah, sangat dibutuhkan peran PKK dan dasawisma dalam membantu tugas pemerintah.

Wawako juga mengajak kaum ibu yang bergabung dengan PKK di seluruh Kota Solok, untuk dapat bergotong royong membantu pemerintah guna meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, karena PKK dan kelompok dasawisma merupakan motor penggerak dan ujung tombak dari gerakan PKK dan berperan aktif dalam membudayakan hidup sehat.

PKK dan dasawisma sangat penting. Tanpa keduanya, pemerintah tidak bisa apa-apa. Bagi pemerintah daerah, PKK dan Dasawisma merupakan mitra kerja, yang berkaitan langsung dengan hidup serta kehidupan masyarakat.

“Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma ini mempunyai makna dan peranan strategis untuk menjadikan dasawisma sebagai motor penggerak pencapaian program pokok PKK. Melalui pencanangan ini, kita berharap Dasawisma dapat terus meningkatkan perannya membantu program pemerintah, terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Ramadhani.

Selanjutnya, diharapkan seluruh OPD dan stakeholder terkait dapat saling bersinergi untuk menyukseskan Bulan Bhakti Dasawisma Kota Solok Tahun 2021 ini.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian Umar mengatakan, Bulan Bhakti Dasawisma ini bertujuan untuk memberdayakan dan mengaktifkan lagi seluruh dasawisma-dasawisma yang ada di Kota Solok. “Saat ini terdapat sebanyak 516 (Lima Ratus Enam Belas) dasawisma yang tersebar di Kota Solok. Namun, belum semua yang aktif bergerak. Dikarenakan saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19, semoga tahun ini bisa berjalan maksimal dan berfungsi kembali seluruh dasawisma di Kota Solok,” sebut Zulmiyetti.

Dasawisma, diharapkan agar dapat memberdayakan pekarangan masing-masing untuk membentuk ekonomi keluarga lebih baik. “Hijaukan pekarangan guna bernilai ekonomis,” ajak Ny.Zulmiyetti.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan berita acara serah terima jabatan, dari Plt.Ketua TP PKK Kota Solok Rida Syaiful kepada Ketua TP PKK Kota Solok 2021-2024 Zulmiyetti Zul Elfian.

  • Bagikan