Wawako Silahturahmi Bersama Tokoh Adat Dalam Panggung Pidato Adat se Kota Solok

Solok Kota – Bertempat di Panggung Induk Ulu Aie, Kelurahan Tanah Garam, Jum’at 26 Februari 2021, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menghadiri arisan panggung pidato adat se Kota Solok.

Turut hadir, Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang.

Wawako Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya mengatakan, Panggung pidato adat merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Solok dan lembaga terkait dalam menjaga kekayaan adat dan budaya daerah. Panggung pidato adat menjadi wadah bagi generasi muda untuk belajar berbagai seluk beluk adat Solok.

Selain sebagai tempat belajar, panggung pidato adat diharapkan menjadi tempat untuk bersilaturahmi bagi seluruh pemangku adat. Pelestarian adat dan seni tradisi sangat penting karena menjadi hal yang tidak terpisahkan dari identitas masyarakat Kota Solok.
Panggung pidato adat merupakan aset daerah. Sehingga langkah untuk menjaga adat dan budaya sangat diperlukan agar jangan sampai generasi muda tidak tahu dengan adat dan budaya daerah sendiri.

Panggung pidato adat merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solok dalam mewujudkan kehidupan bermasyarakat berlandaskan dengan ABS-SBK “syara’ mangato adaik mamakai”.

Panggung pidato, disamping menjadi sarana penanaman nilai adat dan budaya juga terkandung nilai-nilai agama serta kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Nilai adat dan budaya, serta nilai-nilai agama tentu saja sangat berguna bagi kehidupan.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan ninik mamak, bundo kanduang sehingga Pemerintah Kota Solok dapat melaksanakan program yang telah dirancang terutama dalam menerapkan ABS-SBK di kehidupan masyarakat Kota Solok. Sehingga Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang diberkahi Allah SWT Insya Allah, dapat terwujud,” sebut wawako.

Panggung pidato adat perlu digalakkan untuk merangsang minat generasi muda. Sudah tanggungjawab kita bersama untuk terus melestarikan apa yang kita miliki.

“Kami berharap, panggung pidato adat yang ada di Kota Solok tetap eksis dan menghasilkan pelaku adat yang konsisten, menjadi tradisi daerah,” ujar wawako.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma mengatakan, sinergi DPRD Kota Solok dan Pemko Solok akan selalu ditingkatkan kedepannya. Insya Allah program dari niniak mamak akan selalu kami akomodir untuk kebaikan kita bersama.

“Apapun kebijakan dari ninik mamak agar tetap dilanjutkan. Dengan adanya arisan panggung pidato adat, agar semakin meningkat semangat kedepannya. DPRD akan melakukan yang terbaik untuk panggung pidato adat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Wawako Ramadhani Kirana Putra dan Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma juga menyerahkan bantuan uang untuk panggung pidato adat Ulu Aie.

Baca Kabarsumbar.com lebih update via Google News, Klik Disini atau Join Telegram Disini.