Wawako Solok Apresiasi Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Tingkat Sumatera Barat

Solok Kota – Bertempat di Halaman Kanto Camat Lubuk Sikarah, Selasa (30/08), Tim penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Quartita Evari Hamdiana, SKM, MM lakukan penilaian lapangan ke Posyandu Serunai I Kelurahan VI Suku.
Dalama kesempatan ini hadir Wakil Ketua TP. PKK Kota Solok Dona Ramadhani, Ketua LKAAM, Ketua KAN, Ketua Bundo Kanduang, Camat, Lurah, OPD terkait serta jajaran TP. PKK Kota Solok dan kader.
Posyandu merupakan bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang keberadaannya dikelola dari oleh serta untuk masyarakat, dalam rangka membantu penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Permendagri Nomor 54 Tahun 2007 telah mengatur adanya keberadaan Pokjanal yaitu kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/ pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/ kota dan kecamatan.
Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra yang hadir menyambut rombongan Tim Penilai, dalam sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumatera Barat di Kota Solok.
Wawako akui selama ini Posyandu telah berperan penting dalam memperluas dan mendekatkan akses pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta terbukti mampu menjalankan fungsi pengendalian pertumbuhan penduduk dan memelihara kesehatan reproduksi.
“Posyandu juga diharapkan dapat menjadi wadah pendorong ekonomi keluarga dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan peran tersebut, posyandu tampil sebagai wadah pelayanan kesehatan dasar berbasis swadaya masyarakat, sekaligus refleksi dari tradisi gotong royong yang sudah menjadi akar budaya masyarakat kita” ungkap Wawako.
Beliau juga menyampaikan dalam sambutannya penilaian sebagai salah satu upaya pembinaan terutama dari Pemerintah Provinsi, sekaligus melihat sejauhmana pelaksanaan tugas kader dilapangan serta juga menjadi bentuk motivasi bagi kader atas tugasnya.
“Saya berharap melalui penilaian dapat memotivasi Kader Posyandu agar dapat meningkatkan kinerja di Posyandu” harap Dhani.
Wawako juga menyampaikan kepada tim bahwa lomba kader posyandu berprestasi ini telah melalui proses seleksi yang cukup panjang, diawali dengan lomba kader posyandu berprestasi tingkat Kota Solok Tahun 2021 maka diputuskanlah melalui SK Nomor: 188.45-743-2021 tentang pemenang lomba kader posyandu berprestasi yaitu Kader Posyandu Serunai IV Kelurahan VI Suku yang diawali oleh Ibu Yurnila Andani sebagai pemenang.
“Pada Tanggal 30 sampai dengan 31 Mei 2022 telah dilaksanakan temu kader posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Hotel Rocky Padang dan Alhamdulillah, kader kami Ibu Yunila Andini telah ditetapkan lolos dan masuk nominasi 5 (lima) besar kategori Kota Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022” terang Wawako.
Diakhir sambutannya Wawako menyampaikan harapannya kepada tim untuk berkenan memberikan penilaian yang terbaik kepada kader Kota Solok, “kami berharap penilaian berjalan dengan baik dan lancar” tutupnya.