10 Tempat Unik Yang Ada di Pulau Sumatera

  • Bagikan
Foto : Internet
Padang – Sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa.
Hal itulah yang membuat Pulau Sumatera memiliki banyak kekayaan, serta keberagaman. Berikut merupakan wajah Sumatera yang memiliki kekayaan budaya, kekayaan hayati, dan kekayaan yang begitu luar biasa. Berikut rangkuman 10 Fakta Menarik Tentang Sumatera Barat.

 

1. Harimau Sumatera

Foto : internet

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) menjadi salah satu Harimau khas Indonesia yang dilindungi pemerintah Indonesia dan Dunia. Saat ini diperkirakan jumlah dari harimau sumatera hanya sekitar 400-500 ekor sebagaimana dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN.

2. Bunga Rafflesia

Foto : internet
Di Sumatera Barat berbagai spesies langkah masih dapat ditemui. Berbagai hewan dan tumbuhan yang hanya ada di Sumatera terus ditemukan, salah satunya Rafflesia arnoldii yang dinobatkan menjadi bunga terbesar di dunia. Thomas Stamford Raffles merupakan orang pertama yang mempatenkan bunga ini pada tahun 1818.

3. Batu Malinkundang

Foto : internet
Di Pantai Air Manis terdapat sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Hal yang cukup unik bahwa di Pantai ini terdapat batu yang mirip laki-laki yang sedang bersujud yang dikaitkan legenda Malin Kundang yang dikutuk ibunya menjadi batu karena durhaka.

4. Pantai Pasumpahan

Foto : internet
Pantai ini terletak di Pulau Pasumpahan yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Di pantai ini terdapat bukit yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai haluan kapal Malin Kundang.

5. Ngarai Sianok

Foto : internet
Ngarai Sianok merupakan sebuah jurang yang berkelok dengan kedalaman jurangnya sekitar 100 m dan membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

6. Danau Maninjau

Foto : internet
Maninjau merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

7. Jembatan Hidup

Foto : internet
Jika jembatan yang biasa kita lewati terbuat dari beton, beda halnya dengan jembatan ini yang berada di Sungai Batang Bayang yang terbuat dari akar beringin dari dua tepian sungai yang dianyam dan dihubungkan. Dibangun oleh seorang ulama bernama Pakiah Sokan, dengan menghabiskan waktu 26 tahun.

8. Cagar Alam Rimbo Panti

Foto : internet
Cagar Alam Rimbo Panti ini memiliki beraneka fauna dan flora. Uniknya, di sini kita dapat merebus telur dengan tungku alam karena terdapat sumber mata air panas yang alami dari perut bumi. Letak Cagar Alam Rimbo Panti dari ibukota Padang sekitar 5 jam, tepatnya di Panti Kabupaten Pasaman Sumatera Barat.

9. Danau di Ateh dan di Bawah

Foto : internet
Danau ini terletak sekitar 65 km dari Padang dan berada di ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut. Hal unik yang melekat pada kedua danau ini ialah posisi keduanya. Salah satu danau berada lebih rendah dari danau satunya. Menariknya, danau yang ada lebih rendah dinamakan ‘danau diateh’, dan danau yang lebih tinggi posisinya disebut ‘danau di bawah’.

10.Gua Jepang

Foto : internet
Jepang yang pernah menduduki Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945 banyak meninggalkan jejak-jejak saksi bisu penjajahan yang sampai saat ini masih bisa dijumpai. Salah satunya adalah Bunker Jepang yang terletak di kota Bukittinggi. Dibangun melalui kerja paksa di bawah tekanan tentara Jepang, bunker bawah tanah ini memiliki panjang 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok dengan 21 terowongan yang digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, dan ruang tahanan.
Pulau Sumatera masih menyimpan banyak misteri, yuk berkunjung ke Sumatera.
  • Bagikan