133 KK di Padang Ganting Akan Nikmati Program Pengelolaan Air Limbah

  • Bagikan
foto : Humas Tanah Datar.

Tanah Datar – Sebanyak 133 Kepala Keluarga di Jorong Rajo Dani Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar mendapatkan program pengelolaan air limbah pada tahun ini. Pemilihan Jorong Rajo Dani tersebut sebagai tempat pelaksanaan program sesuai dengan surat keputusan (SK) Bupati Tanah Datar yang diterbitkan atas hasil survey lapangan dan penilaian tim verifikator yan mana menjadikan Jorong Rajo ini termasuk daerah kumuh. Kegiatan monitoring program tersebut langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Selasa, 27 April 2021.

Wakil bupati mengatakan “Salah satu upaya menuju ke arah berperilaku sehat adalah memiliki sarana jamban memadai dan sehat dan Alhamdulillah Jorong Rajo Dani mendapatkan program hibah pengelolaan air limbah tahun ini dan tentu peruntukan program ini telah disesuaikan skala prioritas,” katanya. Wabup juga berharap dalam pembuatan Wc atau septitank ini dapat dipekerjakan oleh warga atau pemuda setempat sehingga dapat menambah penghasilan. Lebih lanjut wabup juga berpesan nantinya masyarakat yang menerima program tersebut agar selalu menjaga fasilitas yang telah dibangun demi Kesehatan bersama.

Sementara itu Wali Nagari Padang Ganting Marzal Umar menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Pemkab atas pelaksanaan program ini di nagarinya. “Awalnya kami terkejut akan status Jorong Rajo Dani termasuk kawasan kumuh, namun setelah ditelusuri memang banyak sanitasi masyarakat yang kurang sehat. Makanya dengan adanya program ini, tentu membantu masyarakat kami,” ujarnya. Marzal Umar menambahkan dalam penunjukan KK yang memperoleh program ini yang diutamakan memang rumah atau KK yang belum punya WC atau Septic Tank, atau yang belum punya kedua-duanya.

Dalam kegiatan Monitoring pelaksanaan Program Pengelolaan Pengembangan Sistem Air Limbah di Jorong Rajo Dani Nagari Padang Ganting tersebut, Wakil Bupati Tanah Datar didampingi oleh Kabag Adiministrasi Pembangunan Andi Maqbul, Kabid Cipta Karya Dinas PU Lovely Harman Z, dan Kasi Air dan Penyehatan Lingkungan Busnika Hamidi.

  • Bagikan