22.600 Orang Akan Ikuti Ujian CPNS di Solok

SOLOK, KABARSUMBAR.COM – Bertempat di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kota Solok, sekitar 22.600 orang akan mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Sekitar 22.600 orang tersebut mengikuti ujian di Solok karena memilih instansi di pemerintah Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, dan Kabupaten Solok,” kata Kepala BKPSDM Kota Solok Hendaukhtri di Solok, Rabu (7/11).

Ia menjelaskan ujian telah berlangsung dari Selasa (6/11) kemarin hingga nanti pada 19 November 2018.

“Dalam satu sesi ujian menampung sekitar 290 orang. Biasanya satu hari ada empat atau lima sesi ujian,” katanya.

Ujian dilaksanakan pada pukul 8.00 WIB, kemudian 10.00 WIB, lalu 12.00 WIB, selanjutnya 14.00 WIB dan terakhir pukul 16.00 WIB.

Ia mengatakan peserta ujian harus datang 90 menit sebelum ujian karena banyak prosedur yang harus dilalui, mulai dari pemeriksaan manual, pemeriksaan komputer, check body atau pengecekan tubuh, memasukkan barang di loker, dan penjelasan tentang CAT dari tutor.

Menurutnya, sampai saat ini, belum ada kendala masalah jaringan ataupun peralatan ujian lainnya. Karena semua ditangani oleh pihak BKN langsung.

Pada hari ini ada dua peserta dengan formasi disabilitas yang mengikuti ujian.

“Ujian CPNS kali ini sudah lebih memudahkan dan praktis karena menggunakan komputer, hasil langsung bisa dilihat tidak lama setelah ujian selesai,” katanya.

Walaupun, tidak ada kendala yang berarti tapi dari segi peserta Selasa kemarin sempat ada yang pingsan setelah ujian, karena baru operasi caesar setelah melahirkan.

“Peserta yang pingsan kemarin Setia Try Muharra, asal Kota Pariaman, tadi pagi juga ada peserta yang diantar ujian oleh suaminya setelah melahirkan tadi malam.” katanya.

Ia sangat mengapresiasi semangat peserta ujian, tapi berpesan untuk menjaga kesehatan agar dapat melakukan ujian dengan baik.

Untuk bisa lulus pada tes pertama peserta harus melampau passing grade kelulusan untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80, dan Tes Kepribadian 143.

Salah seorang peserta Dina (32) mengatakan Ia telah menunggu tes CPNS tahun ini setelah beberapa kali gagal dalam tes tahun-tahun sebelumnya.

“Saya sudah bekerja delapan tahun sebagai perawat kontrak di Klinik Yasmin Solok, tapi tetap berharap bisa lulus CPNS tahun ini,” katanya.

[Fernandez]

Loading...
BERITA TERKAIT
Komentar
tunggu...